Scroll to Top

Pengguna FB di Venezuela Disarankan untuk Tutup Akun

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 11 Jul 2013

Facebook

Pengguna FB di Venezuela disarankan agar menutup akunnya. Pemerintah lewat seorang menteri anjurkan warganya untuk lakukan aksi penutupan ini. Apa yang dijadikan alasan anjuran ini?

Diduga, Facebook dijadikan Central Intelligence Agency (CIA) sebagai bagian dari alat mata-mata. Ini berarti, CIA via FB, penggunanya dijadikan sebagai informan.

Dikutip dari Reuters, peristiwa ini terkuak setelah terbongkarnya skandal jika pemerintah Amerika Serikat lakukan serangkaian pengintian terhadap netizen di negara tersebut.

Edward Snowden, mantan pegawai kontrak National Security Agency (NSA) bocorkan informasi badan intelijen AS soal upaya mereka telusuri informasi via situs-situs populer di internet. Ia kini jadi ‘buronan’ pemerintah AS dan tengah terjebak di Moskwa, Rusia.

Sementara itu, Iris Varela, Menteri Lembaga Pemasyarakatan Venezuela via akun Twitter-nya menyarankan warganya agar menutup akun FB yang dimiliki. Kasus Snowden, tulisnya di Twitter, bisa dijadikan contoh. Tutuplah akun FB dan jangan bekerja gratis sebagai informan CIA.

Pemerintah Venezuela sendiri tengah mengupayakan suaka bagi Edward Snowden. Namun, mantan pegawai NSA berusia 30 tahun itu belum berikan tanggapan serta masih terjebak di Bandara Internasional Sheremetyevo di Moskwa.

Apa yang diutarakan Snowden masih terkait dengan PRISM, sebuah program pemerintah yang bocor dan  heboh dibicarakan dalam beberapa pekan yang lalu.

Lewat program ini, pemerintah bisa mengakses data informasi pengguna dari perusahaan-perusahaan teknologi besar. Tak hanya Facebook, namun juga Google, Yahoo!, Microsoft, dan Apple.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda