Scroll to Top

Buka Puasa dengan Gorengan Bikin Asam Lambung Meningkat?

By C Novita / Published on Thursday, 11 Jul 2013

gorengan

Pernahkah Anda berbuka puasa dengan gorengan seperti bala-bala, tahu isi, pisang goreng, dan sejenisnya? Setelah itu, tidakkah Anda merasa perut sedikit mual? Itu disebabkan oleh asam lambung yang meningkat karena makanan tersebut.

Millyantri Elvandari, seorang Ahli Gizi di My Meal Chatering menyatakan bahwa rasa mual itu disebabkan karena kandungan lemak dari gorengan tersebut, mengganggu proses penyerapan nutrisi, demikian dilansir food.detik. Akibatnya asam lambung naik dan membuat Anda mual.

Penjelasannya seperti berikut ini:

  • Pisang goreng

Bahan pembuat pisang goreng terdiri atas pisang, tepung terigu, gula, yang mengandung sekitar 8gr lemak, 13gr karbo, 190 kalori, yang tentu akan lebih dari batas cukup bila Anda konsumsi lebih dari 2 buah. Cukup satu saja anjurannya, untuk berbuka puasa.

  • Tahu isi

Dengan isi dari tahu yang cukup berserat dan terdiri atas campuran sayuran, maka Anda memperoleh 218 kalori, 11 gram karbo, serta 2,3 gram lemak. Bolehlah disantap 1-2 potong usai berbuka.

  • Martabak telur

Makanan gurih ini mengandung 9,1 gram lemak per potong. Cukup tinggi sehingga tidak dianjurkan bagi Anda memakan lebih dari 1 potong.

Tempe yang digoreng menggunakan tepung memiliki 150 kalori per potong, serta 2 gram lemak. Ia juga mengandung cukup banyak karbohidrat yaitu 5,5 gram dan serat 0,7 gr.

  • Bala-bala / bakwan

Makanan ini termasuk favorit untuk menu berbuka. Namun lemak yang dikandungnya mencapai 8 gram per potong, sehingga anjurannya cukup 1 potong saja mengonsumsinya bila berbuka.

Menu berbuka idealnya adalah bahan makanan yang mudah dicerna, serta tidak dimasak. Misalnya buah segar tanpa campuran susu, kurma, serta air kelapa muda. Segar sekali, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda