Scroll to Top

Saham RIM Turun Setelah Keuntungan Kuartal Kedua Turun 59%

By Ivan Azzam / Published on Friday, 16 Sep 2011

Saham Research in Motion (RIM) turun sebanyak 23% Jum’at ini, setelah perusahaan tersebut melaporkan penurunan cukup besar sebanyak 59% selama keuntungan kuartal kedua berturut-turut dua tahun lalu pengiriman BlackBerry ditolak.

RIM mengirim 10,6 juta BlackBerry selama kuartal tersebut. Pengiriman tersebut berbanding dengan pengiriman sebanyak 12,1 juta unit tahun lalu di periode yang sama dan 13,2 juta di tahun sebelumnya lagi. RIM juga hanya mengirimkan 200.000 tablet PlayBook pada kuartal kedua tahun ini, dibandingkan pada periode tahun lalu yang sebanyak 500.000.

Maka dari itu, hal ini membawa kerugian pada RIM. Perusahaan tersebut mempublikasikan keuntungan yang didapat dari kuartal kedua tahun ini yaitu sebanyak 329 juta dolar, bandingkan dengan keuntungan tahun lalu di periode yang sama yaitu 797 juta dolar. Maka, pendapatan RIM turun sebesar 10% ke 4,17 milyar dolar saja.

CEO RIM, Jim Balsillie dan Mike Lazaridis, menyalahkan hasil tersebut pada pelanggan yang menunggu generasi penerus dari BlackBerry, yaitu BlackBerry Curve dan BlackBerry Bold versi baru, baru tersedia beberapa minggu lalu dan memberi dampak pada hasil kuartal kedua. Balsillie juga mengatakan pada analis, bahwa software upgrade direncanakan untuk PlayBook Oktober ini. RIM juga diperkirakan untuk memperkenalkan perangkat berbasis QNX OS pada 2012 nanti.

Penurunan pangsa pasar BlackBerry dan saham dari RIM tidak terlalu mengejutkan karena berbagai analis menunjukkan penurunan minat pada BlackBerry. Pangsa pasar BlackBerry turun dari 25,7% ke 21,7% hanya dalam tiga bulan saja. (via Mashable)

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda