Scroll to Top

4 Industri Yang Akan Booming Saat Revolusi Internet Terjadi

By Moch Ridwan / Published on Friday, 16 Sep 2011
revolusi internet mengubah wajah dunia

Sudah hampir 15 tahun lamanya sejak internet pertama kali dilahirkan. Saat ini internet telah membawa dampak yang cukup fenomenal bagi kehidupan manusia. Dari mulai mencari informasi ringan hingga bagaimana kita berkomunikasi dan bersosialisasi semuanya kita lakukan melalui internet.

Dimasa yang akan datang internet akan menjadi landasan utam berdirinya industri di dunia. Semakin banyak industri yang akan menggunakan kekuatan internet untuk perkembangan, meningkatkan layanan, pencarian konsumen dan lainnya. Saat ini industri musik, buku, koran, serta majalah berangsur-angsur sudah mulai merubah wajahnya melalui internet. Sekiranya akan ada banyak industri yang akan semakin booming dengan adanya revolusiinternet, apa sajaindustri itu? simak yuk empat diantaranya.

 1. Industri Film

Kedepannya orang tak akan menonton film dengan datang ke mall atau studio dengan menggunakan layar putih yang lebar. Menonton film kedepannya akan lebih personal dimana banyak orang yang akanmenikmatinya dirumah bersama keluarga melalui internet. Film akan bisa segera dirental dan disewa melalui penyedia jasa film online dan bisa dinikmati langsung di depan layar televisi konsumen. Perkembangan TV internet, smartphone yang semakin canggih adalah pendukung untuk semakin terealisasinya hal ini.

2. Pembayaran Online

Penerimaan pembayaran online akan semakin maju kedepannya. Pembayaran akan bisa dilakukan melalui smartphone pengguna. Baik transaksi perbankan dan virtual wallet akan menjadi hal yang lazim dimasa datang. Bahkan diibaratkan lima atau sepuluh tahun lagi orang tak akan membutuhkan dompet untuk melakukan traveling.

 3. Penerbitan Buku

Amazon saat ini telah mengubah wajah penjualan dan pembelian buku secara online. Saat ini Amazon juga lagi besemangat untuk mengembangan Amazon Kindle yang semakin mendorong popularnya ebook. Kombinasi e-reader, audiobook, dan aplikasinya akan mendorong semakin kuatnya para penerbit buku konvensional untuk menerbitkan versi elektroniknya. Semakin banyak ebook yang akan diterbitkan dengan berbagai macam judul yang akan semakin membuat pula banyak orang untuk menerbitkan bukunya sendiri.

 4. Industri Kesehatan

Wajah industri kesehatan akan semaki berkembang dengan berkembangnya sistem pencatatan elektronik (electronic medical record/EMR). EMR akan memudahkan seseorang bisa langsung diketahui riwayat kesehatannya saat itu juga, kapanpun dan dimanapun berada. Antar rumah sakit serta asuransi kesehatan akan bisa lebih mudah untuk menemukan data pasien dan bertukar informasi dengan cara ini maka pasien bisa berobat dan menemukan dokter sesuai dengan keinginannya. Posisi tawar pasien pun jauh lebih besar dikarenakan pasien bisa menemukan standar bayar rumah sakit secara online.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda