Scroll to Top

Minix Mini HD, Komputer Hemat Energi dengan Harga Rp Rp 1,1 Jutaan

By Ditya / Published on Friday, 12 Jul 2013
Minix Mini HD
Minix Mini HD

Minix, produsen yang terkenal dengan jajaran produk komputer mini dan TV stick berbasis ARM dengan sistem operasi Android ini memperkenalkan sebuah komputer hemat energi berbasis Intel Atom, yakni Minix Mini HD. Komputer mini Minix Mini HD ini dirancang khusus agar efisien dalam hal konsumsi daya dan dijual dengan harga US $119 atau sekitar Rp 1,1 jutaan saja.

Kehadiran komputer Minix Mini HD ini tampaknya mengikuti tren green PC yang hemat temapt dan hemat konsumsi daya atau energi. Sekilas Minix Mini HD ini mirip dengan komputer barebone yang yang sempat populer beberapa waktu lalu yang kini telah berevolusi menjadi HTPC (Home Theatre Personal Computer) yang berperan sebagai pusat hiburan.

Minix Mini HD datang dengan ditenagai oleh prosesor Intel Atom D2550 dual-core yang merupakan generasi Cedar Trail yang dirilis pada tahun 2012 lalu. Prosesor yang diusung Minix Mini HD ini cukup hemat energi karena hanya mengkonsumsi daya sebesar TDP (Thermal Design Power) 10W saja.

Sayangnya, komputer mini dengan harga murah ini tidak datang dengan memori RAM dan hard disk, sehingga pengguna Minix Mini HD ini harus membeli hard disk, memori RAM, dan sistem operasi terlebih dahulu untuk dapat menggunakan komputer yang hemat energi ini.

Minix Mini HD ini dilengkapi dengan 2 port Ethernet, 4 port USB 2.0, 2 port USB 3.0, VGA dan HDMI output, mic, port audio, dan port PS/2 untuk mouse dan keyboard. Tak hanya itu, Minix Mini HD ini menyediakan dua port SATA II, sebuah slot PCI Express, dan dukungan 5.1 channel audio.

Seperti yang dilansir dari Liliputing (11/07/2013), sesuai namanya yang menggunakan embel-embel HD, komputer Minix Mini HD ini juga telah memiliki kemampuan untuk memutar video HD 720p tanpa masalah dan kinerjanya sudah mencukupi untuk komputasi sehari-hari, seperti mengetik dan browsing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda