Scroll to Top

MacBook dan iPad Beralih Gunakan Layar Berteknologi IGZO Mulai 2014

By Ditya / Published on Friday, 12 Jul 2013

iPad 3 vs iPad 4

Apple dikabarkan akan beralih menggunakan layar berteknologi IGZO (Indium Gallium Zinc Oxide) besutan Sharp untuk jajaran produk MacBook dan tablet iPad mulai tahun 2014 mendatang. Sharp dan LG Display selaku pemasok layar untuk produk Apple ini dikabarkan telah siap untuk memasok layar IGZO tersebut.

Layar berteknologi IGZO ini pertama kali digagas oleh Sharp dengan menggunakan material IGZO untuk menggantikan amorphous silicon substrat yang digunakan pada layar TFT LCD masa kini. Teknologi IGZO ini diklaim memapu mengonsumsi daya yang lebih efisien dan dapat menghasilkan piksel individu yang lebih kecil dari monitor jenis TFT LCD.

Teknologi layar IGZO ini memungkinkan untuk menghasilkan layar dengan resolusi tinggi dengan backlight yang lebih sedikit, tetapi mampu menghasilkan tingkat kecerahan yang setara atau lebih tinggi dari layar LCD biasa. Saat ini Sharp dan Asus telah memasarkan monitor berteknologi IGZO dengan harga yang cukup tinggi.

Apple sendiri sejak tahun lalu memang telah dikabarkan tertarik dengan teknologi layar IGZO dan berminat untuk mengadopsi teknologi besutan Sharp tersebut ke jajaran produk MacBook dan iPad mulai tahun 2014. Apple juga dikabarkan akan berhenti menggunakan komponen buatan Samsung termasuk layar mulai tahun 2014 mendatang.

Sebuah laporan dari Korea menyebutkan bahwa Sharp akan menjadi pemasok utama layar IGZO untuk produk Apple MacBook dan iPad. Sedangkan LG Display kabarnya akan turut bergabung menjadi pemasok layar IGZO setelah perusahaan meningkatkan kemampuan produksi untuk menghasilkan layar IGZO.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (11/07/2013), Apple sendiri akan mendapatkan keuntungan dengan menggunakan layar jenis IGZO ini karena perusahaan tersebut dapat menawarkan resolusi layar yang lebih tinggi dan konsumsi daya yang lebih rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda