Scroll to Top

Google Tolak Sensor Website Penyedia Konten Bajakan

By Ditya / Published on Saturday, 13 Jul 2013

The Pirate Bay

Raksasa internet dan mesin pencari Google memutuskan untuk menolak permintaan sensor untuk situs-situs yang mengandung dan menyediakan konten bajakan. Google menolak tuntutan industri hak cipta yang menginginkan website penyedia konten bajakan dihapus dari hasil pencarian.

Industri pemegang hak cipta telah selama bertahun-tahun menuntut raksasa mesin pencari Google ini untuk menghapus situs yang mengandung konten bajakan atau konten yang melanggar hak cipta dari hasil pencarian. Menurut mereka, munculnya situs penyedia konten bajakan di hasil pencarian Google ini akan menyuburkan praktek pelanggaran hak cipta atau pembajakan konten.

Google sendiri selama ini telah berusaha mengurangi munculnya situs dan website penyedia konten bajakan dengan cara menurunkan ranking situs mereka dan menampilkan pemberitahuan DMCA takedown. DMCA takedown sendiri adalah pemberitahuan dari Google kepada pengguna internet bahwa pihaknya menghapus satu atau beberapa hasil pencarian terkait adanya konten bajakan.

Meski Google telah berupaya mengurangi tampilnya situs penyedia konten bajakan di hasil pencariannya, tetapi jumlah situs tersebut sangat banyak dan terus bermunculan. Bahkan, pihak industri hak cipta menginginkan Google menghapus domain situs yang mengandung dan menyediakan konten bajakan.

“Industri ini ingin kita untuk mengedit web dan benar-benar menghapus situs, dan itu berlaku counter untuk filosofi kami. Ini adalah fakta mutlak bahwa ada situs penyedia konten bajakan dan kami telah melakukan hal-hal untuk mengurangi jumlah orang yang menggunakannya.”

“Posisi kami adalah bahwa seseorang membuat uang di konten bajakan dan itu harus mungkin untuk mengidentifikasi orang-orang dan membawa mereka ke pengadilan,” tanggapan Eric Schmidt, Chairman Google, sepertiyang dilansir dari VR-Zone (12/07/2013).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda