Scroll to Top

Cara Meredakan Nyeri Leher dan Bahu

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 13 Jul 2013

nyeri leher

Keseleo atau terkilir di bagian leher dan pundak bisa terjadi di berbagai kondisi. Beberapa sikap yang bisa memcunya antara lain membungkuk secara mendadak, posisi tidur salah, hingga terlalu lama kerja di depan komputer.  Kalau sudah terasa nyeri, efeknya bisa menganggu pekerjaan. Jika Anda mengalami nyeri leher atau pundak akibat terkilir, bisa mencoba cara berikut untuk meredakannya.

  1. Gunakan kompres es. Penggunaan kompres es pada daerah yang mengalami masalah nyeri leher bisa mengurangi rasa sakit. Ini membantu mengurangi peradangan di area yang terkilir dan membantu menyembuhkan. Anda bisa mengompresnya setiap 20 menit untuk 24 jam pertama. Tapi ingat, jangan menempelkan es langsung pada kulit. Pakai kain atau penutup es lainnya yang bisa dipakai.
  2.  Lakukan pemijatan.  Pijat  bagian yang terkilir dengan lembut. Sembari memijit bisa ditambahkan minyak hangat. Pijatan lembut dan minyak tersebut akan menenangkan otor-otot di sekitar leher dan bahu.
  3. Minum obat anti-inflamasi (antiperadangan). Salah satu contohnya adalah obat yang mengandung ibuprofen atau naproxen. Kedua zat tersebt membantu mengurangi peradangan dan rasa nyeri. Bisa pula Anda minum acetaminophen sebagai penghilang rasa sakit. Tapi sebaiknya jika Anda menempuh cara ini tetap dalam pengawasan dokter.
  4. Mengompres dengan air hangat. Selain kompres dingin, kompres hangat juga bisa meredakan sakit otot di leher. Anda bisa memakai botol atau bungkus  air panas dan taruh di bagian yang terkilir.  Bisa pula Anda menyiapkan air hangat untuk mandi. Air hangat akan merangsang kelancaran aliran darah di area nyeri dan membantu penyembuhan.

Bila cara sederhana ini belum membuat nyeri Anda berkurang, sebaiknya segera menghubungi dokter. Mungkin perlu penangan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda