Scroll to Top

Atlas: Robot Terminator di Kehidupan Nyata

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 13 Jul 2013

Atlas

Jika ada robot Terminator di kehidupan nyata, mungkin itu hanya hadir dalam sosok Atlas. Robot canggih ini diciptakan untuk lalui medan tersulit bahkan di wilayah bencana nuklir. Seperti apakah robot penyelamat ini?

Atlas miliki penampakan tinggi 1,8 meter dengan berat 149 kg. Robot ini didesain oleh DARPA dan Boston Dynamics, diciptakan untuk membantu merespon bencana extra ordinary.

Bencana yang dimaksud seperti krisis radiasi nuklir, seperti halnya terjadi di Fukushima, Jepang pada tahun 2011 lalu. Dalam pada itu, Atlas miliki 28 sendi hidrolik.

Dikutip dari Daily Mail, dengan 28 sendi tersebut, Atlas mampu bergerak dan melangkah menyerupai manusia. Teknologi yang ada dikembangkan oleh iRobot dan Sandia National Labs.

Atlas
Atlas, robot spesialis bencana alam extra ordinary

Selain itu Atlas juga dilengkapi dengan sebuah radar stereo berbasis cahaya. Teknologi ini digunakan untuk sistem deteksi. Sebuah teknologi serupa yang digunakan di mobil self-driving Google.

Dengan teknologi dan kemampuan yang ‘tak biasa’ itu, Atlas memang ditujukan untuk memasuki zona bencana yang tidak memungkinkan mengirim bala bantuan berupa tenaga manusia. Robot ini handal di medan berbatu serta lincah di area sulit sekalipun.

Dengan ketahanan dan kemampuannya itu, Atlas sangat memungkinkan digunakan sebagai mesin perang. Robot ini diyakini lebih kuat dan akurat dibandingkan tentara biasa.

Robot Terminator
Robot Terminator di film Terminator 2: Judgment Day (1991)

Satu-satunya kelemahan Atlas yakni tidak tersedianya otak dalam kepala robot ini. Para insinyur sedang bekerja keras untuk menyediakannya.

Pada perhelatan DARPA Robotics Challenge, tiap tim yang bertanding dalam kompetisi dipersilakan suntikkan software ke Atlas terkait fungsinya sebagai robot bencana alam. Tim terbaik akan berkesempatan memeroleh dana hibah hingga USD 2 juta dan bersaing di kontes final tahun depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda