Scroll to Top

Ebenezer Assifuah Top Skor Piala Dunia U-20, Raih Sepatu Emas

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 14 Jul 2013

Ebenezer Assifuah Top Skor Piala Dunia U-20, Raih Sepatu Emas

Ebenezer Assifuah dari Ghana resmi menyandang gelar sebagai top skor Piala Dunia U-20 2013 yang diadakan di Turki. Pria berusia 20 tahun mencetak 6 gol dan membawa negaranya menjadi juara tiga. Assifuah melewati para pesaing seperti Bruma (Portugal) dan Jese Rodriguez (Spanyol).

“Saya sangat bahagia bisa mencetak gol keenam pada pertandingan perebutan tempat ketiga melawan Irak hari ini. Jauh dari kata mudah untuk mencetak banyak gol sepanjang turnamen. Saya sangat bangga dengan pencapaian ini,” kata Ebenezer Assifuah setengah tidak percaya kepada FIFA.com.

Kenyataannya, Assifuah memang menjadi tokoh penting atas pencapaian Ghana di Piala Dunia U-20 2013. Siapa yang bisa membayangkan, tim yang dalam dua pertandingan pertama penyisihan grup, tumbang oleh Prancis dan Spanyol, bisa bangkit? Dan nama Assifuah ada dalam kebangkitan itu.

Dua gol dilesakkannya di partai hidup mati melawan Amerika Serikat (4-1). Lalu dua gol diborong ke gawang Chile (4-3) di perempat final, satu di antaranya terjadi di menit 121. Assifuah masih mengemas satu gol lagi ketika Prancis lagi-lagi menumbangkan Satelit Hitam 2-1. Kemudian, gol terakhir meluncur di laga melawan Irak (3-0).

“Turnamen ini fantastis, dan menjadi pengalaman menit. Tapi tidak terbantahkan lagi, ini juga menjadi tes nyata bagi saya dan tim. Jika Anda melihat ke belakang, tentang pertandingan dan penampilan kami, Anda dapat melihat tantangan seperti apa yang kami hadapi. Hal itulah yang membuat saya lebih bangga untuk mencetak gol dan memenangi Sepatu Emas, serta membantu tim juara tiga. Sangat tak bisa dipercaya,” cetus Assifuah.

Sang pemain Liberty Professional FC ini mampu memborong gol lebih daripada para pemain yang berlaga di kompetisi Eropa. Dan bukan tidak mungkin kenyataan itu akan membawanya menjadi penakluk Eropa seperti pria-pria Ghana yang sudah-sudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda