Scroll to Top

Nokia Lebih Pilih Windows Phone Ketimbang Android, Inilah Alasannya

By Ibnu Azis / Published on Monday, 15 Jul 2013

CEO Nokia Stephen Elop

Menjelang detik-detik keruntuhan Nokia bersama Symbian, ‘pabrik’ ponsel Finlandia itu mantab pertaruhkan nasibnya ke Windows Phone. Nama OS tenar macam Android pun tak dilirik. Apa alasan Nokia lebih memilih OS besutan Microsoft itu?

CEO Nokia Stephen Elop baru-baru ini jelaskan alasannya. Waktu itu Nokia khawatir jika akan ada satu vendor yang kuasai platform yang sama. Itulah mengapa mereka enggan memilih Android.

Samsung, sebutnya, membuktikan itu. Apa yang dikhawatirkan bertahun-tahun lalu terbukti. Bagaimana digdayanya Samsung di ranah Android yang ungguli produsen smartphone lain yang ber-OS sama.

Kini Nokia dan Microsoft kian sehati. Seperti berada dalam zona nyaman, keduanya enggan terpisah. Stephen Elop akui jika keputusannya di masa lalu sudah tepat dan bahkan berbuah hasilnya saat ini.

CEO Nokia itu melanjutkan jika Nokia kini jadi ponsel dengan OS alternatif di tengah keributan pasar akan iOS atau Android. Itulah mengapa Nokia memilih Microsoft. Tak kalah canggih meski Android dan iOS telah start lebih dulu di ranah ini.

Hasilnya pun terbukti. Nokia kini jadi ponsel ketiga dan alternatif keduanya (iOS dan Android). Bahkan posisi Blackberry berhasil direbut. Nokia dengan Windows Phone-nya adalah smartphone ketiga yang berhasil kuasai market dunia.

“Nokia bukan Apple dan Samsung atau Android. Nokia adalah nomor tiga dan smartphoe alternatif diantara keduanya,” aku Stephen Elop dengan bangga pada The Guardian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda