Scroll to Top

“Connected”: Konsep Mobil Masa Depan untuk Selalu Online

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 18 Sep 2011

Kini, gaya hidup serba online bukan hanya dominasi pemilik smartphone atau laptop saja. Impian untuk selelau terkoneksi dengan dunia maya merambah ke personalitas di dalam mobil pribadi. Hal ini terlihat pada beberapa fitur mobil konsep yang dipamerkan di  International Automobil Ausstellung di Frankfurt, Jerman.

BMW, misalnya, mengusung mobil yang mampu berkoneksi dengan jagad maya selama kendaraan dalam keadaan diparkir. Mobil konsep ini diberi nama Daimler.

Kalau Ford mengusung mobil konsep Evos. Di dalamnya disematkan komputer pintar yang akan mengenali penggunanya sesuai setting untuk masing-masing penumpang. Dan, komputer yang ada di mobil, tidak hanya ditujukan untuk kepentingan browsing semata. Tetapi, juga disetting untuk mampu menjalankan fungsi pengatur suhu, memutar musik secara tersistem, dan sebagainya.

Menurut BITKOM, asosiasi industri IT, telekomunikasi dan new media di Jerman, banyak orang Jerman yang merindukan adanya akses internet langsung dari dalam mobilnya. Tepi yang lebih penting, “memenuhi keinginan pasar tanpa mengesampingkan keselamatan berkendaraan,” kata direktur BITKOM Martina Koederitz, seperti dikutip Antara.

Istilah baru dalam dunia otomotif yang lagi tren saat ini  adalah “connected”. Istilah ini menunjukkan kemampuan mobil yang tidak terbatas sebagai kendaraan. Namun, kemampuannya ditunjang untuk selalu berhubungan dengan dunia internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda