Scroll to Top

Lapas Tanjung Gusta Medan Rusuh, Senjata Api Petugas Hilang?

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 15 Jul 2013

Lapas Tanjung Gusta Medan Rusuh, Senjata Api Petugas Hilang

Kerusuhan yang menimpa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta Medan, Sumatera Utara pada Kamis, 11 Juli 2013 tidak hanya membuat sekitar 117 napi hingga kini kabur dan belum tertangkap. Tetapi juga, menyebabkan senjata api (senpi) milik petugas napi, dikabarkan, hilang. Meskipun, berita tentang hal ini dibantah oleh petugas.

Seperti dirilis oleh Bagus Kurniawan, Kabid Pembinaan Lapas kepada Tribunnews, “tidak ada senpi yang diambil”. Adapun tentang senjata api yang ikut hangus ketika terjadi kebakaran di Lapas, Sahat Philips Parapat, petugas posko, menyatakan “bukan wewenang kami menjawabnya.”

Sementara itu, Yusuf Hondawantri Naibaho, Wakapolresta Medan menegaskan bahwa “tidak ada” tindakan membobol gudang senjata petugas Lapas Tanjung Gusta ketika kerusuhan terjadi.

Dilaporkan oleh Antara, dalam peristiwa rusuh Kamis malam lalu, ada 43 senjata api yang ikut terbakar. 21 di antaranya senjata laras panjang dan sisanya merupakan senjata laras pendek.

Kerusuhan Lapas Tanjung Gusta Medan sendiri dipicu oleh kekesalan penghuni karena pasokan listrik yang padam, di samping kapasitas lapas yang tak mampu lagi menampung napi (dari kapasitas 1056 orang, dihuni 2600 orang).

Ada yang menyebutkan bahwa rusuh ini disebabkan oleh ‘kecemburuan’ dan tuntutan penghapusan PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 99 tahun 2012 yang isinya memperketat pemberian hak remisi, asimilasi, dan bebas bersyarat kepada narapidana kasus terorisme, narkotika, dan korupsi.

Namun, hal ini dibantah oleh Pramono Anung, Wakil Ketua DPR yang kepada Detik pada Senin (15/7) menyatakan, “Peristiwa Lapas Tanjung Gusta itu bukan karena persoalan remisi, tetapi persoalan manajemen Lapas yang amburadul.”

Foto: AFP/ATAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda