Scroll to Top

Twitter: Indonesia Kiblat Dunia Diskusi Topik Seputar Ramadhan

By Ibnu Azis / Published on Monday, 15 Jul 2013

Twitter

Indonesia seakan jadi kiblat dunia tatkala berdiskusi soal topik seputar Ramadhan di Twitter. Sebab, menurut pantauan Prapancha Research, 56% perbincangan yang ada berasal dari kecauan di negeri ini.

Prapancha Research lakukan riset terhadap topik ‘Idul Fitri’ di pelbagai bahasa secara global di Twitter. Data yang dihasilkan dalam dua tahun terakhir, ada sekitar 3,3 juta perbincangan.

Perbincangan itu diakumulasi mulai 12 Juli 2011 hingga 12 Juli 2013. Sedangkan topik yang berasal dari Indonesia mencapai 1,8 juta atau sekitar 56% dari total data perbincangan yang berhasil dihimpun. Demikain seperti dikutip dari VivaNews.

Sementara itu Arab Saudi dan Uni Emitar Arab ada di posisi ke-2 dan ke-3 dengan masing-masing 923 ribu dan 231 kicauan. Masih menurut Prapancha Research, jumlah kicauan Indonesia tentang ‘Idul Fitri’ bahkan lebih besar meski seluruh kicauan di seluruh dunia digabungkan.

Lantas apa kira-kira yang membuat angka tersebut membludak? Tak bisa dipungkiri jika Indonesia selain sebagai negara berpenduduk muslim terbesar juga berposisi sebagai salah satu negara penyumbang warga Twitter terbesar.

Terlebih pertumbuhan ekonomi cukup tinggi. Ini membuat masyarakat mudah mengakses teknologi dan membuatnya jadi terbuka. Namun fakta lain bisa disimpulkan jika masayarakat sangat termotivasi oleh agama. Ini bisa dilihat dari tingkat penetrasi yang cukup besar terkait kicauan soal puasa dan Idul Fitri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda