Scroll to Top

PSSI Harus Penuhi Kebutuhan Ujicoba Timnas Indonesia

By Aditya / Published on Monday, 15 Jul 2013

Timnas Indonesia 2013 Latihan

Permintaan pelatih Timnas Indonesia senior, Jacksen F. Tiago, yang menginginkan tim Garuda berujicoba dengan sejumlah negara harus dipenuhi oleh PSSI. Tim-tim calon lawan ujicoba Timnas Indonesia yang diajukan itu tidak menguntungkan dari sisi bisnis sehingga PSSI harus mendatangkan dengan biaya sendiri. Namun, PSSI tetap wajib memenuhi permintaan Jacksen F. Tiago demi kebaikan Timnas Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh mantan Deputi Sekretaris Jenderal PSSI, Tondo Widodo. Jacksen F. Tiago memang meminta kepada PSSI agar Timnas Indonesia diagendakan berujicoba dengan beberapa lawan yang memiliki kualitas setara, yaitu Filipina, Hongkong, dan Vietnam.

“Bagi PSSI, hal ini sangat dilematis. Mereka harus mendatangkan sendiri tim-tim tersebut. Hampir bisa dipastikan tidak ada promotor yang mau mendatangkan mereka karena faktor perhitungan bisnis,” kata Tondo Widodo.

“Namun, permintaan ini harus dipenuhi sebagai persiapan menghadapi Cina di ajang Pra Piala Asia,” lanjutnya.

Kebutuhan untuk berujicoba dengan Filipina, Hongkong, dan Vietnam dinilai oleh Jacksen F. Tiago cukup penting. Pasalnya, selain kekuatan ketiga tim tersebut tidak terpaut jauh dengan Timnas Indonesia, ciri permainan Filipina, Hongkong, dan Vietnam hampir mirip dengan Cina yang akan dihadapi Timnas Indonesia dalam lanjutan Pra Piala Asia nanti.

Selama ini Timnas Indonesia memang kerap mendapatkan lawan ujicoba. Namun, hampir semuanya adalah tim atau negara papan atas yang secara kekuatan dinilai timpang dengan tim Merah-Putih, seperti Belanda dan Arsenal, atau Liverpool dan Chelsea yang juga akan datang ke Indonesia.

“Pertandingan melawan Arsenal, Liverpool, dan Chelsea, hanya sebagai ajang untuk menambah pengalaman bertanding. Demikian pula laga persahabatan menjamu Belanda, beberapa waktu lalu,” tutup Tondo Widodo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda