Scroll to Top

Orang yang Ceria Lebih Sedikit Resiko Terkena Serangan Jantung

By C Novita / Published on Tuesday, 16 Jul 2013

ceria dan bahagia

Don’t worry be happy, sebab ternyata kebahagiaan bisa membuat kemungkinan hidup Anda lebih panjang, menurut penelitian terbaru.

Orang yang ceria, bertemperamen santai, akan memiliki resiko lebih rendah mengalami serangan jantung yang disebabkan oleh jantung koroner, ungkap penelitian tersebut.

Dalam penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa orang cemas atau tertekan lebih mungkin untuk meninggal akibat serangan jantung, dan sebaliknya orang ceria, santai, enerjik, dan optimis akan benar-benar berkurang resikonya.

“Jika Anda secara alami orang yang ceria dan melihat sisi positif semua masalah, Anda lebih mungkin untuk terlindungi dari serangan jantung,” ucap pemimpin studi, Lisa R. Yanek. “Bahagia memiliki efek yang sebenarnya pada penyakit dan Anda mungkin lebih sehat sebagai hasilnya.” Demikian dilansir oleh Handbag.

Penelitian ini mengamati 1.483 saudara orang yang mengalami penyakit jantung koroner dan meneliti mereka selama 5 sampai 25 tahun.

Mereka diminta mengisi sejumlah survey dan pertanyaan untuk mengukur suasana hati mereka, masalah kesehatan, stres dan kepuasan terhadap kehidupan.

Hasilnya, mereka yang memiliki sifat bawaan lebih ceria, berkurang resiko jantung koronernya hingga 30-50%.

Hal ini bisa dikaitkan dengan kemungkinan bahwa mereka yang bahagia dan ceria akan merawat diri mereka lebih baik, juga dalam hal makanan. Mereka cenderung hidup lebih sehat dibanding orang yang temperamennya pemarah, atau pesimis dan sedih.

Jadi, don’t wory be happy saja, ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda