Scroll to Top

6 Phobia Aneh yang Ada di Dunia

By C Novita / Published on Tuesday, 16 Jul 2013

phobia aneh

Phobia adalah ketakutan yang sangat dan intens terhadap situasi, objek, orang, atau kegiatan. Jika kita sudah biasa mendengar klaustrofobia (takut ruang kecil dan tertutup), atau acrofobia (takut ketinggian), maka berikut ini ada beberapa phobia yang aneh dan sedikit tidak masuk akal seperti dilansir oleh realbuzz.

  • Optophobia: ketakutan membuka mata seseorang

Ini adalah kondisi yang sangat aneh, sebab penderitanya akan sangat takut membuka mata orang lain. Hal itu bisa jadi mimpi buruk bagi mereka dan sebisa mungkin dihindarinya.

  • Geliophobia: takut tertawa

Walaupun banyak penelitian mengatakan bahwa tertawa akan membuat tubuh seseorang lebih sehat, namun ada beberapa orang yang mengalami ketakutan bila dekat, atau berada di sekitar orang yang tertawa. Mereka bahkan sebisa mungkin tak akan tertawa. Alasannya, mereka cemas tentang tertawa dalam situasi yang tidak tepat, atau ditertawakan oleh orang lain.

  • Neophobia: takut pada hal-hal baru

Penderita neophobia akan ketakutan setengah mati terhadap perubahan atau hal-hal baru, termasuk juga pengalaman baru. Sangat disayangkan, sebab mereka ini banyak kehilangan peningkatan kualitas hidup, dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa mereka yang mengidap phobia ini bisa mempersingkat harapan hidup.

  • Ablutophobia: takut mencuci dan mandi

Kondisi ini umumnya dialami oleh orang dewasa, dengan kemungkinan trauma pada masa kecilnya. Melakukan kegiatan mandi atau mencuci segala hal adalah menakutkan bagi mereka. Aneh memang.

  • Geniophobia: takut pada dagu

Dagu adalah bagian tubuh manusia, dan semua orang memilikinya. Bayangkan bila ada seseorang yang menderita phobia ini. Namun ternyata ini bukan satu-satunya phobia, sebab ada juga phobia pada lutut, phobia pada tangan, phobia siku, yang jelas membuat pengidapnya memiliki kesulitan saat berinteraksi sosial.

  • Deipnophobia: takut berbincang saat makan malam

Penderita akan takut melakukan pembicaraan atau takut berbincang saat sedang makan malam. Keuntungan dari phobia ini, membantu pencernaan yang memang tak dianjurkan ngobrol sambil makan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda