Scroll to Top

Preview Inter vs AS Roma: Incar Tiga Poin Perdana

By Wan Faizal / Published on Saturday, 17 Sep 2011

Tiga poin. Itu lah yang akan diperebutkan dua raksasa Serie-A, Internazionale Milan dan AS Roma, saat keduanya bentrok dalam lanjutan Serie-A pekan ketiga, Minggu (18/9) pukul 01.45 dini hari WIB.

Kemenangan jelas akan menjadi obat pelipur lara bagi keduanya setelah sama-sama tumbang di partai pembuka pekan lalu. Inter takluk 4-3 dari Palermo, sedangkan Roma tunduk 1-2 dari Cagliari.

Belum sempurnanya formasi baru yang diusung dua pelatih menjadi penyebabnya. Maklum, Gian Piero Gasperini dan Luis Enrique menyuntikkan formasi baru dalam masing-masing tim.

Inter yang terbiasa memakai formasi 4-3-3 harus beradaptasi dengan pola kegemaran Gasperini, 3-4-3. Mau tak mau, para pemain La Beneamata harus “belajar” jika tak mau nama mereka tersisih dari rencana Gasperini selama semusim ke depan.

Hasilnya bisa dilihat saat mereka tumbang dari Palermo. Yang jelas terlihat adalah performa tiga bek tengah Inter. Mereka seperti masih canggung karena terbiasa dengan pola empat bek sejajar.

“Masalah saat ini bukan karena saya memainkan tiga atau empat bek. Melainkan pada keseimbangan dalam menyerang dan bertahan,” kilah Gasperini.

Jika tak ingin kembali menuai malu, trio bek Inter yang diisi Walter Samuel, Lucio, dan Andrea Ranocchia harus lebih rapat lagi menjaga daerah mereka. Karena, kekuatan penyerangan Roma jelas lebih baik dibanding Palermo.

Sebaliknya Roma, perubahan taktik dari 4-2-3-1 dari 4-3-3 yang diusung Enrique membawa perubahan yang radikal. Sama seperti yang dialami pemain Inter, para punggawa I Lupi juga harus beradaptasi dengan pola yang disebut-sebut akan membawa permainan Roma mirip permainan Barcelona itu.

Namun, ada satu sisi positif yang bisa dilihat saat Roma kalah pekan kemarin. Permainan Roma terlihat begitu atraktif. Trio gelandang Daniele De Rossi-Simone Perrotta-Miralem Pjanic begitu lancar mengirim umpan bagi Francesco Totti-Bojan Krkic-Pablo Osvaldo. Roma hanya sial karena gagal memanfaatkan banyaknya peluang yang mereka peroleh.

“Siapa pun tak ingin kalah. Sebenarnya kami sudah bermain dengan filosofi bermain kami sejak awal, yakni atraktif dan ofensif. Kami lebih banyak menguasai bola. Tapi buruk dalam penyelesaian akhir. Ini yang harus kami perbaiki,” beber Enrique.

Di partai ini, Roma tidak akan diperkuat bek kiri mereka, Jose Angel. Pemain asal Spanyol itu terkena kartu merah saat menjamu Cagliari pekan lalu. Posisinya kemungkinan akan digantikan oleh Rodrigo Taddei.

Perkiraan susunan pemain:

Inter: Julio Cesar, Lucio, Walter Samuel, Andrea Ranocchia, Javier Zanetti, Yuto Nagatomo, Esteban Cambiasso, Joel Obi, Wesley Sneijder, Diego Forlan, Diego Milito. Pelatih: Gian Piero Gasperini

AS Roma: Maarten Stekelenburg, Aleandro Rosi, Nicolas Burdisso, Gabriel Heinze, Rodrigo Taddei, Daniele De Rossi, Simone Perrotta, Miralem Pjanic, Bojan Krkic, Marco Borriello, Francesco Totti. Pelatih: Luis Enrique

Head to head:

12-05-2011: Inter 1-1 Roma

20-04-2011: Roma 0-1 Inter

07-02-2011: Inter 5-3 Roma

26-09-2010: Roma 1-0 Inter

06-05-2010: Roma 0-1 Inter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda