Scroll to Top

Harga Neymar 100 Juta Euro, Tapi Barcelona Cuma Membayar 57 Juta

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 17 Jul 2013

Harga Neymar 100 Juta Euro, Tapi Barcelona Cuma Membayar 57 Juta

Kehadiran Neymar di Barcelona sangat disyukuri oleh Andoni Zubizarreta, direktur teknik klub Catalan. Baginya, pembelian Neymar sangat spektakuler. Selain itu, Zubi juga berbicara seputar hengkangnya Thiago Alcantara, sistem akademi Barcelona, nasib David Villa, duo Gerard Deulofeu dan Rafinha Alcantara, serta Thiago Silva.

“Transfer Neymar sangat luar biasa. Apalagi untuk membeli pemain sekelasnya dengan harga (cuma) 57 juta Euro. Karena, banyak komentator (dan agen pemain) yang menyebutkan semestinya harga yang layak untuknya mencapai 100 juta Euro,” cetus Zubizarreta yang duduk bersama Tito Vilanova dalam konferensi pers.

Hijrahnya Thiago Alcantara ke Bayern Munchen oleh sebagian besar kalangan disebut sebagai kegagalan Barcelona dalam bursa transfer. Apalagi sebelumnya, buy-out clause Thiago turun dari 90 juta Euro menjadi hanya 18 juta Euro. Tapi, Zubi memiliki sudut pandang lain.

“Thiago ingin berkembang sebagai pemain. Kami mendapatkan 22 juta Euro, dan akan mendapatkan 2 juta Euro tambahan dari Bayern Munchen. Belum lagi satu juta Euro tambahan dari pertandingan persahabatan (antara Bayern versus Barcelona). 25 juta Euro dari penjualan Thiago murni masuk ke kantong Barcelona. Ini bukan transfer yang buruk.”

Kehilangan Thiago bukanlah segalanya bagi Zubi. Karena, “Sergi Roberto akan menggantikannya. Kami memiliki banyak pemain berkualitas dibandingkan klub lain. Kami tidak menjual mereka atau menjadikan sebagai barter untuk pembelian pemain baru. Kami tetap memantau mereka.”

Zubizarreta juga berbicara tentang peminjaman Gerard Deulofeu dan Rafinha Alcantara, dua bintang Barcelona B yang digadang-gadang akan bersinar beberapa tahun lagi.

“Kami memiliki harapan tinggi untuk mereka. Keduanya akan tampil reguler di level kompetisi yang tinggi dan membuat kami bisa mengevaluasi kemampuan mereka sebelum kembali ke klub musim depan.”

Menanggapi David Villa yang dijual Barcelona dengan murah, seperti halnya Sandro Rosell, Zubizarreta punya alibi. Bahwa, kepergiannya merupakan solusi bagi semua pihak. Barca tidak perlu memperpanjang kontrak dengan kenaikan gaji, Atletico Madrid mendapatkan sang pemain, dan Villa memperoleh kesempatan unjuk gigi sebelum Piala Dunia 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda