Scroll to Top

Usai Operasi Caesar, Jangan Lakukan Hal Ini Dahulu

By C Novita / Published on Wednesday, 17 Jul 2013

operasi caesar

Operasi Caesar biasanya hanya dilakukan bila kondisi ibu atau sang bayi beresiko saat melakukan persalinan normal. Memang kelihatannya enak, sebab bayi lahir tanpa rasa sakit. Namun proses penyembuhan sesudah operasi caesar dilakukan akan lama dan menyakitkan bagi sang ibu.

Untuk itu ada beberapa hal yang sebaiknya tak dilakukan oleh para ibu usai menjalani operasi caesar, seperti dilansir Blodsky berikut ini:

  • Jangan sering bepergian

Bepergian dengan kendaraan akan sangat menyakitkan dan beresiko membuka jahitan Anda. Sebaiknya usai operasi Anda lebih banyak dalam posisi tidur. Jika terpaksa naik kendaraan, misalnya saat pulang dari rumah sakit, ganjal punggung dan bokong dengan bantal untuk meredam getaran kendaraan.

  • Jangan sakit flu/batuk

Ini adalah jenis penyakit yang sangat menyakitkan bekas luka Anda. Saat Anda bersin atau batuk, maka perut akan tegang dan bekas jahitan perih. Karenanya sebisa mungkin hindari orang yang sedang flu agar tidak tertular.

  • Jauhi makanan penyebab gas

Beberapa jenis makanan bisa menimbulkan gas di perut. Jauhi makanan seperti kubis, brokoli, lobak, kembang kol, dan jamur agar perut Anda tetap nyaman.

  • Hindari makanan penyebab sembelit

Sembelit pun akan membuat jahitan Anda sakit saat BAB. Hindari makanan penyebab sembelit semisal daging merah, produk gula, dll.

  • Jangan mengangkat barang

Mengangkat barang berat adalah pantangan yang wajib Anda hindari. Juga naik turun tangga di mana pun.

Nah, hindari hal-hal tersebut dan tetap konsumsi obat dokter agar luka sayat di perut Anda kembali normal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda