Scroll to Top

Acer Hentikan Dukungan Thunderbolt, Fokus pada USB 3.0

By Ditya / Published on Wednesday, 17 Jul 2013
Thunderbolt USB 3
Thunderbolt vs. USB 3.0

Acer yang merupakan salah satu produsen PC terbesar yang berbasis di taiwan dikabarkan tak lagi mendukung Thunderbolt dan tak lagi menyertakannya pada produk PC besutannya. Acer memutuskan untuk fokus pada standar USB 3.0 dan percaya bahwa USB 3.0 adalah solusi interkoneksi masa depan.

Seperti yang kita ketahui, Thunderbolt adalah standar interkoneksi yang dikembangkan oleh Intel yang mampu menawarkan kecepatan yang sangat tinggi, yakni 10Gb/s dan di masa depan akan dikembangkan hingga mencapai kecepatan transfer 20Gb/s.

Intel sendiri gencar mempromosikan standar Thunderbolt yang digunakan di jajaran produk Apple dan dukungan dari beberapa produsen besar, seperti Acer, Lenovo, Dell, Asus, dan banyak lagi. Namun, Acer memutuskan untuk menghentikan dukungan terhadap Thunderbolt dan lebih fokus pada standar USB 3.0.

Acer percaya bahwa USB 3.0 yang saat ini menawarkan kecepatan hingga 5Gb/s ini akan menghasilkan performa yang tak jauh beda dengan Thunderbolt, tetapi kompatibilitas USB 3.0 sampai saat ini belum bisa ditandingi oleh Thunderbolt. USB 3.0 sendiri akan terus dikembangkan hingga di masa depan diperkirakan akan mampu mencapai kecepatan 10Gb/s.

“Kami benar-benar fokus pada USB 3.0. Merupakan alternatif yang sangat baik untuk Thunderbolt karena ini lebih murah, menawarkan bandwidth yang sebanding, mampu melakukan pengisian untuk perangkat seperti ponsel, dan memiliki dasar kompatibilitas besar dari aksesoris dan peripheral,” kata Ruth Rosene, juru bicara Acer.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (16/07/2013), saat ini memang perangkat berbasis USB 3.0 lebih memasyarakat ketimbang perangkat yeng menggunakan standar Thunderbolt dan inilah yang membuat USB 3.0 lebih cepat berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda