Scroll to Top

AMD Kaveri, Penerus APU Richland & Trinity

By Ditya / Published on Wednesday, 17 Jul 2013
AMD APU Kaveri
AMD APU Kaveri

Advanced Micro Device atau AMD, produsen prosesor x86 terbesar kedua di dunia  ini dikabarkan telah menyiapkan APU (Accelerated Processing Unit) Kaveri yang diklaim memiliki performa yang cukup tinggi untuk menggantikan APU Richland dan Trinity yang baru saja diluncurkan. Sayangnya, baru-baru ini muncul kabar bahwa rilis APU Kaveri akan ditunda.

Berbeda dengan APU Richland yang mengusung basis prosesor yang sama dengan APU Trinity, yakni AMD Piledriver, APU Kaveri datang dengan arsitektur prosesor baru yang disebut dengan Steamroller yang dipadukan dengan grafis AMD Radeon HD yang menggunakan basis GCN (Graphics Core Next).

APU Kaveri ini adalah harapan AMD untuk dapat berkompetisi dengan Intel di sektor performa. Kaveri membawa performa tinggi dengan hadirnya HSA (Heterogenous System Architecture) yang memungkinkan akses memori secara bersama-sama oleh CPU dan GPU.

APU Kaveri ini nantinya akan menggunakan soket jenis FM2+ yang diperkirakan tidak kompatibel dengan soket sebelumnya. Ini berarti pengguna APU Trinity dan APU Richland tak dapat upgrade ke APU Kaveri tanpa mengganti mainboardnya.

Seperti yang pernah diungkapkan AMD melalui roadmap-nya, APU Kaveri ini mulai dikirim secara massal untuk konsumen pada kuartal keempat tahun 2013 ini. Namun, tampaknya kemunculan APU Kaveri andalan AMD ini tidak akan sesuai jadwal dan perusahaan tersebut dikabarkan hanya akan memberikan sampel prosesor APU Kaveri hingga Desember 2013.

Jika produk sampel dari AMD APU Kaveri tiba pada bulan Desember, maka paling tidak konsumen baru dapat menikmati produk canggih AMD tersebut pada kuartal pertama atau kedua tahun 2014. Tentu saja, kabar ini akan mengecewakan penggemar produk AMD.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (16/07/2013), sampai saat ini AMD enggan berkomentar terkait kehadiran prosesor APU Kaveri yang menjadi andalannya di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda