Scroll to Top

XO, Tablet Khusus Anak Seharga 1,4 Jutaan

By Ditya / Published on Wednesday, 17 Jul 2013
Tablet XO
Tablet XO

Tablet XO, sebuah tablet yang didesain khusus untuk pendidikan anak mulai dijual dengan harga pre-order US $149 atau sekitar Rp 1,4 jutaan. Tablet XO ini adalah tablet yang dikembangkan dan diproduksi oleh orang-orang yang berada dibalik proyek OLPC (One Laptop Per Child) yang digagas oleh Nicholas Negroponte.

Tablet XO ini memiliki desain yang berbeda dibandingkan tablet komersial lainnya karena datang dengan lapisan karet untuk menahan benturan. Tablet ini juga terdapat lingkaran pada bagian sudut kiri atas yang mungkin fungsinya untuk estetis dan kemudahan menambah aksesoris, atau kemudahan grip anak dalam memegang tablet XO ini.

Spesifikasi tablet XO ini tak terlalu istimwea mengingat tablet ini dirancang khusus untuk digunakan oleh anak-anak. Tablet XO datang dengan layar sentuh berukuran 7 inci yang mengusung resolusi 1024 x 600 piksel dan menggunakan sistem operasi Android.

Sektor dapur pacu, tablet XO khusus anak-anak ini juga tak terlalu powerfull karena hanya ditenagai oleh prosesor Marvell Armada single-core dengan kecepatan 1GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 512MB dan memori internal sebesar 4GB.

Meski tablet XO ini dirancang untuk anak, tablet ini tetap memiliki kemampuan layaknya tablet Android lainnya, seperti mengunduh dan menjalankan aplikasi Android dari Google Play Store. Perbedaan yang paling kentara antara tablet XO dengan tablet Android lainnya adalah tampilan antarmuka yang didesain khusus agar mudah digunakan oleh anak-anak.

Seperti yang dilansir dari Liliputing (16/07/2013), tablet XO ini juga dilengkapi dengan parental control atau fitur kontrol orang tua untuk mengawasi penggunaan tablet XO ini oleh anak-anak melalui tiga profil akses pengguna.

Tablet XO ini akan bersaing dengan banyak tablet khusus anak-anak yang telah beredar di pasar, sebut saja Fuhu, Archos, dan Ematic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda