Scroll to Top

Acara TV Spesial Ramadhan Banyak yang Kena Tegur KPI

By Ika / Published on Wednesday, 17 Jul 2013

opera van java

Hampir semua stasiun televisi berlomba-lomba menyuguhkan tayangan spesial di bulan Ramadhan. Di bulan suci ini acara yang disajikan pun seharusnya berkualitas sehingga memberi manfaat bagi penonton. Tapi sayangnya, sejumlah acara khusus Ramadhan malah kena tegur Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Program Yuk Kita Sahur! Trans TV dan Sahurnya OVJ di Trans7 adalah contoh tayangan Ramadhan yang mendapat teguran. Dalam tayangan komedi tersebut, para artis-artisnya dianggap sering melakukan pelecehan fisik terhadap artis lainnya.

Hal yang sama juga terjadi pada Sahurnya Pesbukers yang tayang di ANTV. Salah satu pelanggarannya adalah ketika Daus Mini yang bertubuh kecil menjadi bulan-bulanan artis lainnya. Ia disebut monyet, biji congklak, bahkan dianggap lahir dari corong air.

Teguran yang dilayangkan KPI tak hanya terhadap acara-acara komedi yang memang rawan pelecehan. Hafidz Indonesia (RCTI) yang dinilai sebagai tayangan berkualitas inipun tak luput dari teguran. Pelanggaran terjadi ketika kamera menyorot seorang anak yang buang air kecil secara close-up.

Selain acara-acara yang sudah disebutkan di atas, KPI juga memberikan peringatan pada 11 televisi yang menayangkan iklan Djarum edisi Ramadhan versi merawat orangtua. Dalam iklan tersebut ditengarai adanya usaha promosi tentang rokok, jadi KPI menghimbau agar seluruh stasiun televisi hanya menayangkan iklan tersebut pada pukul 21.30 – 05.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda