Scroll to Top

Datsun Awali Reinkarnasi Lewat Datsun GO

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 17 Jul 2013

datsun go

Mobil merek Datsun yang sudah sekian lama vakum, akhirnya menelorkan produk barunya di India dengan nama GO. Mobil ini memiliki konsep hatchback yang dilengkapi dengan lima pintu. Bentuknya cukup mungin dan kemungkinan akan menjadi salah satu pesaing kuat dalam lini produk yang sama di pasaran India.

Dikutip Antara dari AFP, Datsun GO segera didistribusikan mulai awal 2014. Nissan, sebagai pemilik Datsun,  merencanakan akan meneruskan distribusi mobil ini ke negara-negara berkembang yang dinilai cukup maju perekonomiannya. Carlos Ghosn, CEO Nissan Motor Co, berujar negara seperti Afrika Selatan, Rusia, dan Indonesia kemungkinan akan mendapatkan jatah stok. Hanya saja realisasinya mungkin menunggu beberapa tahun lagi.

Datsun GO dipersenjatai dengan mesin yang serupa Nissan Micra, berkasitas 1,2 liter dengan bahan bakar bensin.  Fiturnya konon akan dilengkapi dengan dengan mobile docking system untuk menunjang konektivitas lewat ponsel pintar.  Datsun GO memakai transmisi 5 percepatan manual, dengan panjang wheelbase 2.450 milimeter

Dalam acara perilisan Datsun GO di kota Gurgaon, India, diungkap harga per unitnya sebesar 400 ribu rupee atau setara 67 juta rupiah. Di jajaran depan para pesaing, Datsun GO akan dihadapkan pada Suzuki Maruti yang saat ini digemari oleh konsumen India.

Di era sebelum tahun 80-an, nama Datsun adalah salah satu merek berkelas di zamannya. Namun, pada 1981 merek ini “ditidurkan”. Belakangan ini ada niat dari Nissan untuk kembali membawa kejayaan Datsun. Dan, Datsun GO menjadi “prajurit” pertama yang mencoba mengembalikan masa gemilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda