Scroll to Top

Orang Gemuk Lebih Berisiko Mengalami Kerapuhan Tulang

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 17 Jul 2013

gemuk

Pemilik tubuh gemuk mesti berhati-hati. Sebab, kegemukan dapat memicu osteoporosis. Penyakit pengeroposan ini terjadi ketika kelebihan lemak tubuh mulai tersimpan dalam tulang. Hal ini mengakibatkan tulang menjadi rapuh dan rawan dengan keretakan. Demikian menurut studi dari Harvard Medical School di Boston seperti dikutip BBC.

Peneliti melakukan pengamatan terhadap 106 relawan yang mengalami obesitas dari pria dan wanita. Mereka mendapatkan pemindaian pada beberapa bagian tubuh. Bagian tubuh ini berpotensi  sebagai penyimpan lemak yaitu liver, otot dan sumsum tulang yang ada di pinggul, paha, dan perut .

Dalam analisa terhadap output pemindain ditemukan, orang yang memiliki lemak seperti buah apel di bagian pinggang punya risiko yang jauh lebih besar untuk mengalami osteoporosis. Hal ini menyanggah pendapat sebelumnya yang menyatakan bahwa obesitas bisa menjadi jalan untuk mencegah kerapuhan tulang.

Dr. Miriam Bredella, peneliti studi ini mengatakan, adanya lemak pada tulang bisa mengganggu pembentukan tulang baru. Lemak ini akan mengambil sumsum tulang yang berguna untuk memperbarui tulang. Akibatnya dalam jangka panjang tulang akan menjadi rapuh. Dan, orang yang terkena ostroporosis lebih sering ditemui memiliki banyak lemak di sumsum tulangnya.

“Jika Anda memiliki tulang yang dipenuhi dengan lemak, maka tidak akan kuat,” kata Bredella.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal Radiology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda