Scroll to Top

Microsoft akan Gabungkan Windows Phone dan Windows RT?

By Ditya / Published on Thursday, 18 Jul 2013
Windows RT Windows Phone
Windows RT & Windows Phone

Microsoft dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk menggabungkan sistem operasi Windows RT dan Windows Phone yang kemudian dilanjutkan dengan pengembangan antarmuka yang baru. Hal ini disinyalir karena kegagalan sistem operasi Windows RT di pasar tablet.

Raksasa perangkat lunak asal Redmond ini dilaporkan ingin menyatukan pengembangan sistem operasi Windows RT yang menyasar segmen tablet dengan sistem operasi Windows Phone  yang membidik pasar smartphone. Gabungan dua sistem operasi ini nantinya akan menggunakan desain antarmuka yang sama sekali baru.

Kabar ini diperkuat dengan kebijakan Microsoft yang akhirnya membesut sebuah divisi tunggal yang bertugas khusus untuk mengembangkan sistem operasi untuk pelbagai perangkat, termasuk PC, tablet smartphone, konsol game, dan perangkat cerdas lain yang mungkin akan meluncur.

Divisi tunggal yang menangani pengembangan sistem operasi ini dipimpin oleh Terry Myerson yang sebelumnya menjabat sebagai kepala pengembangan sistem operasi Windows Phone 8. Hal inilah yang menyebabkan munculnya spekulai penggabungan sistem operasi Windows RT dan Windows Phone.

Windows RT sendiri termasuk sistem operasi yang gagal dengan penjualan perangkat yang mengecewakan. Hal ini disebabkan harga yang ditawarkan oleh perangkat dengan sistem operasi Windows RT, dalam hal ini adalah tablet Surface RT dijual dengan harga yang cukup mahal, Namun, Microsoft menyadari hal ini dan memangkas harga tablet Surface RT secara signifikan.

Sedangkan sistem operasi Windows Phone 8 sendiri prestasinya tak seburuk Windows RT. Sistem operasi khusus smartphone ini tampaknya mampu menarik perhatian pengguna dan menduduki posisi ketiga di pasar smartphone, meski saat ini jumlah penggunanya tak begitu banyak.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (17/07/2013), sampai saat ini Microsoft enggan mengomentari kabar mengenai penggabungan sistem operasi Windows RT dan Windows Phone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda