Scroll to Top

8 Makanan untuk Mendukung Liver Tetap Sehat

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 18 Jul 2013

kunyit

Liver atau hati adalah salah satu organ tubuh yang mampu melakukan  regenerasi sel secara menakjubkan. Meskipun sebagian ada yang mengalami sirosis atau kanker lalu harus dibuang, maka liver mampu menghasilkan sel-sel liver baru untuk menyembuhkan bagian yang diamputasi. Namun, liver tetap harus dijaga sejak dini. Dari organ ini, banyak racun yang masuk tubuh akan dinetralkan. Selain itu pemecahan lemak juga terjadi di liver.

Membuat sehat organ liver bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan tertentu. Dikutip dari Boldsky, inilah 8 makanan yang mendukung kesehatan liver:

  1. Pare. Meski rasanya pahit, pare dapat membersihkan sel-sel liver dan memberikan perlindugan terhadap munculnya kanker hati.
  2. Apel. Buah ini mengandung vitamin C dan asam d-glucaric yang berfungsi menyingkirkan timbunan lemak berlebih di organ liver. Kalau lemak ini jumlahnya berlebihan akan memperlambat fungsi liver.
  3. Yogurt probiotik. Makanan ini berguna dalam meregenerasi sel liver. Kultur bakteri merangsang pembentukan enzim di liver.
  4. Kunyit. Rempah ini punya sifat menyembuhkan. Kandungan curcumin di dalamnya membantu membersihkan racun di liver dan mengeluarkan kotoran yan terdapat dalam sel liver.
  5. Bawang. Baik bawang merah maupun putih, sama bergunanya bagi liver.Keduanya penuh dengan belerang yang berguna mengatasi radikal bebas di bagian liver. Selain itu juga merangsang pembentukan sel-sel liver yang baru.
  6. Lemon. Buah lemon menjadi penawar racun untuk sel liver yang mengalami kerusakan. Vitamin C buah ini berguna sebagai antioksidan.
  7. Berry. Berbagai jenis berry seperti blueberry, stroberry, dan sebagainya kaya antioksidan untuk regenerasi sel liver. Selain itu berguna pula untuk membersihkan lemak liver.
  8. Daun bawang. Sama seperti bawang, daun bawang punya kadar belerang yang baik bagi liver. Namun, daun bawang masih punya klorofil yang sama bermanfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda