Scroll to Top

Perilaku Seks Bebas Akan Membuat Mental Tertekan

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 18 Jul 2013

depresi

Jangan dikira melakukan seks bebas itu penuh dengan kebahagiaan. Sebaliknya, pelaku seks bebas justru rentan mengalami masalah mental. Mereka lebih mudah mengalami masalah kecemasan dalam kadar yang lebih tinggi dibanding mereka yang melakukan seks setelah menikah. Mereka juga mengalami masalah depresi dan kecemasan sosial. Selain itu, perilaku seks berbahaya ini mengundang sejumlah risiko kesehatan yang siap menyerang. Demikian menurut studi dari dari California State University.

Dalam studi ini dilibatkan 3.900 mahasiswa yang berasal dari kelompok usia 18 sampai 25 tahun. Responden ini diambil dari 30 perguruan tinggi di Amerika Serikat. Mereka dimintai keterangan terkait perilaku seks dan kesejahteraan mental yang dialaminya. Cukup lazim di negara barat, seks bebas dilakukan kapan pun, bahkan baru beberapa hari berkenalan dengan lawan jenis.

Dari keterangan responden diketahui, para mahasiswa yang terlibat dalam seks bebas cenderung memiliki harga diri yang cukup rendah. Mereka merasa kurang bisa merasakan kebahagiaan dan kepuasan hidup seperti yang dilihatnya pada orang lain dalam jangka waktu satu bulan terakhir. Mereka mengalami masalah psikis yang mungkin tidak bisa dianggap remeh.

Melina Bersamin, peneliti dalam studi ini mengatakan, terlalu dini jika mengatakan perilaku seks bebas pasti akan berimbas pada kebahagiaan mental. Sebaliknya, aktivitas seksual ini berisiko terhadap kemunculan masalah psikologis dan terkait secara positif dengan adanya tekanan pada psikologis pelakunya. Imbasnya yaitu pelaku seks bebas tidak merasakan kesejahteraan.

Studi ini dipublikasikan dalan jurnal Sex Research.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda