Scroll to Top

The Fifth Estate, Benedict Cumberbatch Jadi Pendiri Wikileaks

By Rin / Published on Thursday, 18 Jul 2013

Benedict Cumberbatch kembali bermain film yang berjudul The Fifth Estate. Ia berperan sebagai pimpinan editor sekaligus pendiri situs kontroversial Wikileaks, Julian Assange.

Sebelumnya, aktor asal Inggris ini memperlihatkan akting yang memukau sebagai Komandan John Harrison dalam film Star Trek: Into Darkness (2013). Ia juga pernah bermain sebagai Mayor Stewart dalam film laris War Horse (2011).

The Fifth Estate menceritkan asal-usul kemunculan Wikileaks dan kisah pembocoran dokumen rahasia yang dilakukan oleh situs  dari organisasi ini. Salah satu dokumen yang pernah dibocorkan oleh Wikileaks adalah 90 ribu dokumen rahasia tentang invasi AS ke Afghanistan.

Selain itu, film ini juga menggambarkan konflik dan perpecahan antara Julian Assange dengan mantan juru bicara Wikileaks, Daniel Domscheit-Berg (Daniel Brühl).

Naskah film ini didasarkan dari dua buku, yakni Inside Wikileaks: My Time with Julian Assange at the World’s Most Dangerous Website dan buku Wikileaks: Inside Julian Assange’s War on Secrecy.

Dilansir dari Guardian, Julian Assange mengatakan film ini sebagai “serangan propaganda besar-besaran terhadap Wikileaks dan karakter para staf Wikileaks”.

Selain bermain dalam film The Fifth Estate, Benedict juga akan muncul dari film 12 Years a Slave bersama dengan Chiwetel Eljofor dan Brad Pitt.

The Fifth Estate disutradaraio oleh Bill Condon, sementara skenario film ini ditulis oleh Josh Singer. Film ini akan rilis pada 11 Oktober nanti.

Anda dapat menyaksikan trailernya di sini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda