Scroll to Top

Sriwijaya Gagal ke 8 Besar AFC Cup

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 26 May 2011

Sementara Persipura sukses menaklukkan Song Lam Nghe An 1-3, tim Indonesia lain yang lolos ke babak 16 besar AFC Cup 2011, Sriwijaya FC, gagal. Kala melawat ke Thailand untuk melawan Chonburi FC, Oktavianus Maniani dkk. mesti menyerah.

Dibantai di Thailand
Bertanding di Stadion Chonburi yang cuma ditonton nyaris 7000 orang, Sriwijaya FC sebenarnya menurunkan tim utama minus sang kapten Keith Kayamba Gumbs. Di posisi penjaga gawang, ada kiper Ferry Rotinsulu. Empat bek melengkapi pertahanan: Supardi, Claudiano, Thierry Gathuessi, dan Achmad Jufrianto. Di lini tengah, ada Muhammad Ridwan, Rendy, Dirga Lasut, dan Ponaryo Astaman. Di depan, Okto diduetkan dengan striker gaek Budi Sudarsono. Namun, tim racikan Ivan Kolev tersebut mesti gigit jari menghadapi Chonburi.
Gol pertama Chonburi tercipta pada menit 19. Adalah striker Ney Fabiano de Oliviera yang membuka skor untuk tim Thailand tersebut. Menit 29, Chonburi bisa menggandakan keadaan. Tendangan penalti gelandang timnas Thailand, Therdak Chairman, mengoyak gawang Ferry Rotinsulu. Hingga jeda, kedudukan tidak berubah.
Merasa perlu menyuntikkan tenaga baru, Ivan Kolev mengganti Dirga Lasut dengan Mahyadi Panggabean pada menit 65. Kemudian, duo supersub, Rudy Widodo (mengganti Rendy) dan Arif Suyono (mengganti Achmad Jufrianto) dimasukkan untuk menambah daya gedor serangan. Alih-alih mencetak gol, justru gawang Laskar Wong Kito kembali kebobolan di menit 83 oleh striker pengganti, Natthaphong Samana. Gol ini menjadi gol terakhir dalam pertandingan ini sekaligus mengantar Sriwijaya masuk kotak.

Gagal Memperbaiki Musim Lalu
Kekalahan Sriwijaya FC di babak 16 besar ini membuat prestasi mereka tidak beranjak dari musim lalu. Musim sebelumnya, di ajang yang sama, Sriwijaya juga terhenti di babak 16 besar AFC Cup. Namun, satu yang patut diacungi jempol, Sriwijaya tidak menurunkan pemain-pemain kelas dua dalam pertandingan tingkat Asia, menunjukkan keseriusan mereka untuk menimba pengalaman dari ajang bergengsi semacam AFC Cup ini.

One thought on “Sriwijaya Gagal ke 8 Besar AFC Cup”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda