Scroll to Top

Masjid Al Irsyad Ini Arsitekturnya Diakui Dunia

By Ilham Choirul / Published on Friday, 19 Jul 2013

al irsyad

Ingin berkunjung ke masjid dengan bangunan yang sangat indah? Tidak perlu sampai ke luar negeri untuk mendapatkannya. Cukup kunjungi Masjid Al Irsyad yang ada di kawasan Kota Baru Parahyangan, Bandung. Keindahan masjid ini telah diakui dalam even Archdaily and Green Leadership Award tahun 2011 yang diadakan Building Construction Information (BCI) Asia sebagai “The Best 5 World Building of The Year 2011”. Penghargaan tersebut untuk kategori bangunan religi.

Usia masjid Al Irsyad baru empat tahun jika dihitung dari awal pembangunan. Namun, peresmiannya dilakukan satu tahun kemudian pada  27 Agustus 2010. Menemukan bangunan ini cukup mudah bila Anda sudah sampai di kawasan Kota Baru Parahyangan. Pasalnya, bangunannya bisa dikenali dari ketinggiannya dan tidak jauh dari jalan raya.

Keunikan masjid ada dari sisi eksterior terletak pada bentuknya seperti kubus. Bentuk masjid seperti ini jarang didapatkan. Konon inspirasinya adalah bangunan Ka’bah di Arab Saudi.Arsiteknya adalah Ridwan Kamil, seorang arsitek kenamaan di negeri ini. Tata bebatuan disusun cukup cemerlang memenuhi dinding masjid.

al irsyad

Kalau melihat masjid ini dari kejauhan, seperti tampak lafaz “Laa ilaha illallah Muhammad Rasulullah”. Kalimat tauhid ini muncul dari tata batu bata di dinding yang disusun menciptakan celah dan membentuk kalimat tersebut jika dilihat dari jauh. Walhasil celah ini juga sebagai cara mudah bagi cahaya matahari untuk masuk ke dalam bangunan. Ketika malam menjelang, sorot lampu dari dalam memancar keluar celah dan memperjelas sketsa kalimat tauhid tersebut.

Masjid Al Irsyad mampu menampung 1.500 jamaah. Interiornya dilengkap 99 lampu dengan bentuk kotak bertuliskan nama Allah. Jika masuk ke dalamnya, Anda akan merasa tempat ini sangat luas. Pasalnya tidak ada pilar yang ada di tengah ruangan. Di dalamnya tanpa AC, namun sangat sejuk. Kenyamanan ini didapat dari bagusnya sirkulasi udara yang keluar-masuk melalui celah udara di keempat sisi dinding kubus itu.

Lebih istimewa lagi, bagian depan tempat imam memimpin sholat, tidak ditutup dinding. Pandangan ke depan langsung menghadap keindahan alam terbuka yang tampak keelokan pemandangan gunung dan alam. Masjid seluas 1.871 meter persegi ini layak untuk dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda