Scroll to Top

Hasil Akhir MotoGP Aaragon: Stoner Sapu Bersih di Aaragon

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 18 Sep 2011

Stoner 100th Honda Winning

Gelar juara dunia MotoGP 2011 tampak semakin erat dalam genggaman pembalap Australia, Casey Stoner setelah ia mampu dengan meyakinkan menjuarai MotoGP Aaragon tanpa gangguan berarti dari pesaing-pesaingnya.

Stoner melibas 23 putaran Sirkuit Aaragon dalam waktu 42 menit 17.427 detik guna meraih kemenangan kedelapannya sepanjang musim 2011.

Stoner hanya membutuhkan waktu satu putaran untuk kembali ke posisi pertama setelah Ben Spies dan Dani Pedrosa membuatnya tercecer ke posisi tiga di awal lomba. Kemudian, Stoner melesat tak terkejar bahkan oleh Dani Pedrosa rekan satu timnya di Honda yang akhirnya finis di posisi dua.

Jorge Lorenzo pesaing terdekat Stoner di klasemen sementara berhasil finis di posisi tiga. Itu merupakan hasil maksimal yang bisa ia raih seperti yang ia katakan usai kualifikasi.

Hasil finis ketiga membuat perjuangan Lorenzo semakin berat. Lorenzo harus memaksimalkan empat seri tersisa agar asa meraih juara dunia kedua tetap terbuka.

Marco Simoncelli dan Ben Spies masing-masing mengisi posisi keempat dan kelima. Simoncelli sebenarnya mampu finis di posisi ketiga setelah mampu mempecundangi Ben Spies pada pertengahan lomba.

Namun sayang Simoncelli kemudian melebar ditikungan ke-12 dan melorot keposisi lima. Beruntung ia mampu bangkit dan kembali mempecundangi Ben Spies untuk merebut posisi keempat.

Di posisi keenam ada Alvaro Bautista yang tampil impresif pada balapan kali ini. Sempat terlibat pertarungan sengit dengan Nicky Hayden dan Hector Barbera,  Bautista mampu keluar sebagai pemenang pertarungan untuk kemudian menyisihkan Hayden dan Barbera di posisi ketujuh dan kedelapan.

Carl Cruthlow dan Valentino Rossi melengkapi hasil finis sepuluh besar setelah mampu memanfaatkan kelengahan Hiroshi Aoyama pada putaran terakhir lomba. Bagi Rossi Hasil ini mungkin terbilang cukup mengingat ia harus memulai balapan dari pit stop setelah terkena sangsi akibat menggunakan mesin ketujuh.

Total ada empat pembalap yang gagal finis pada seri ini. Karel Abraham adalah pembalap yang harus keluar pertama kali setelah ia kehilangan kendali motornya pada tikungan awal diikuti oleh Andrea Dovizioso yang terjatuh tak jauh dari tempat Abraham jatuh.

Nasib sial justru menimpa Loris Capirossi. Setelah lolos dari insiden Abraham, Capirossi terlibat senggolan dengan pembalap LCR Honda, Toni Elias, saat lomba menyisakan tujuh putaran. Keduanya pun harus masuk daftar pembalap yang  gagal finis pada balapan kali ini.

Hasil Akhir MotoGP Aaragon, Motorland Aaragon:

  1.  Casey Stoner      Honda           42:17.427
  2.  Dani Pedrosa      Honda             + 8.162
  3.  Jorge Lorenzo     Yamaha           + 14.209
  4.  Marco Simoncelli  Gresini Honda    + 20.646
  5.  Ben Spies         Yamaha           + 27.739
  6.  Alvaro Bautista   Suzuki           + 30.373
  7.  Nicky Hayden      Ducati           + 34.288
  8.  Hector Barbera    Aspar Ducati     + 37.305
  9.  Cal Crutchlow     Tech 3 Yamaha    + 39.652
  10.  Valentino Rossi   Ducati           + 39.832
  11.  Hiroshi Aoyama    Gresini Honda    + 39.997
  12.  Randy de Puniet   Pramac Ducati    + 54.717
  13.  Colin Edwards     Tech 3 Yamaha    + 58.430

 Retirements:

  • Toni Elias        LCR Honda          16 laps
  • Loris Capirossi   Pramac Ducati      16 laps
  • Andrea Dovizioso  Honda               0 laps
  • Karel Abraham     Cardion Ducati      0 laps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda