Scroll to Top

Barcelona: Tito Vilanova Mundur dari Posisi Pelatih Karena Kanker

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 20 Jul 2013

Barcelona Tito Vilanova Mundur dari Posisi Pelatih Karena Kanker

Barcelona mengalami ujian berat menjelang dimulainya musim 2013-2014, sang pelatih Tito Vilanova dipastikan tak lagi menjadi arsitek klub Catalan. Presiden Sandro Rosell dalam konferensi pers menyebutkan Tito akan menjalani perawatan kanker kelenjar parotisnya. Siapa pelatih pengganti Tito akan diumumkan pada pekan depan.

“Saya akan menyampaikan kepingan berita yang tak pernah ingin saya umumkan. Setelah mengevaluasi res rutin Tito Vilanova, dia akan menjalani perawatan kanker yang tidak akan sesuai dengan tugasnya sebagai pelatih. Atas nama Tito Vilanova dan keluarganya, saya mengharapkan penghormatan atas privasinya (kesehatan lebih diutamakan daripada jabatan pelatih).”

“Dalam hari-hari ke depan, wakil presiden klub, Josep Maria Bartomeu, dan direktur teknik Andoni Zubizarreta akan memperkenalkan pelatih baru. Kemungkinan pada awal pekan depan,” sebut Rosell dalam konferensi pers tersebut.

Sebelumnya, karier Tito Vilanova yang spektakuler pada awal musim 2012-2013 kemudian bermasalah ketika ia harus menjalani perawatan demi penyembuhan kankernya. Ia absen beberapa waktu, dan Jordi Roura, asisten pelatihnya, menjabat sebagai caretaker sementara.

Dicetuskan oleh La Vanguardia, Tito Vilanova telah menyerahkan surat pengunduran dirinya pada Jumat (19/7) setelah menyadari bahwa kankernya kambuh kembali.

Banyak simpati yang kemudian mengalir untuk sang pelatih yang mampu membawa Barcelona meraih rekor 100 poin, catatan terhebat sebuah klub di Liga Spanyol (rekor yang dipegang bersama Real Madrid). Tito sukses membawa Barca sepeninggal Pep Guardiola tetap tampil kompetitif meski cedera pemain menghantui klub Catalan sepanjang musim lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda