Scroll to Top

10 Kandidat Pelatih Baru Barcelona

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 20 Jul 2013

10 Kandidat Pelatih Baru Barcelona

Barcelona resmi kehilangan Tito Vilanova sebagai pelatih mereka pada musim 2013-2014. Ada 10 kandidat terkuat sebagai pelatih baru juara Liga Spanyol, di antaranya Marcelo Bielsa, Jupp Heynckes, Luis Enrique, Michael Laudrup, Andre Villas-Boas, hingga Frank Rijkaard.

Adalah tugas Josep Maria Bartomeu dan Andoni Zubizarreta untuk mencari tokoh ideal untuk menangani Barca. Ia mestilah sosok yang mengutamakan gaya sepakbola yang identik dengan klub Catalan, serta mampu melanjutkan tongkat kepemimpinan Tito Vilanova yang sukses melewatkan Barcelona dari masa transisi sepeninggal Pep Guardiola.

Jupp Henyckes, saat ini telah menikmati masa-masa istirahatnya setelah membawa Bayern Munchen meraih treble winners. Ia bisa saja menangani klub Catalan dalam waktu singkat. Namun, jangan lupakan Marcelo Bielsa. Ia sangat sukses membangkitkan Athletic Bilbao dengan gaya ‘ala Barca’ ditambah determinasi khas Basque. Menaruhnya sebagai pelatih klub Catalan tak kalah cocok.

Frank Rijkaard yang disebut-sebut sebagai peletak fondasi tim super Barcelona saat ini juga bisa menjadi alternatif setelah ia gagal bersama Arab Saudi. Dua nama lain, adalah Lluis Carreras pelatih Sabadell yang bisa jadi menangani Barcelona B. Atau, Gerardo Martino, pelatih Argentina yang menangani Newell’s Old Boys.

Lima nama di atas akan membuat Barcelona mengeluarkan ongkos sedikit. Tapi, mungkin saja Barca akan merogoh kocek lebih dalam jika mendapatkan salah satu dari lima kandidat berikutnya. Andre Vilas-Boas dari Tottenham yang cukup dekat dengan Barca, tapi tengah memimpin era baru Tottenham Hotspur. Michael Laudrup yang sukses bersama Swansea City. Luis Enrique yang baru saja ditunjuk menangani Celta Vigo. Frank de Boer yang menangani Ajax. Atau Philip Cocu pelatih PSV.

Namun bukan tidak mungkin pula, kandidat pelatih baru klub Catalan itu adalah orang dalam Barcelona. Entah itu Jordi Roura yang musim lalu sudah merasakan sebagai caretaker. Atau, Joan Francesc Ferrer alias Rubi yang didatangkan musim ini sebagai salah satu staf pelatih Barcelona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda