Scroll to Top

Real Madrid Era Carlo Ancelotti Akan Mencontek Gaya Barcelona

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 20 Jul 2013

Real Madrid Era Carlo Ancelotti Akan Mencontek Gaya Barcelona

Real Madrid era Carlo Ancelotti akan lebih tampil menyerang dan ‘meniru’ Barcelona. Namun, tentu yang dimaksud di sini bukanlah meniru yang benar-benar meniru. Berbeda dengan Los Blancos era Jose Mourinho, Don Carlo ingin timnya untuk melakukan ball possessions selama mungkin.

Ketika pertama kali ditunjuk sebagai pelatih Real Madrid, mantan arsitek AC Milan dan PSG ini sudah menyatakan sepakbola menyerang adalah filosofi Los Blancos pada eranya, “Sejarah dan tradisi klub ini adalah untuk bermain sepakbola menyerang, spektakuler, dan kami akan bekerja keras untuk menampilkan gaya yang membuat fans bahagia itu. Kerja yang tak mudah, tapi memang tak pernah mudah.”

Dan mimpi melihat Real Madrid yang sangat atraktif itu, tengah dirintis oleh Mr. Peacemaker. Sepanjang sesi latihan yang sudah digelar dalam beberapa hari, Carlo Ancelotti menekankan pentingnya bermain dengan tempo tinggi. Bola digerakkan cepat dari kaki ke kaki.

Tidak hanya itu, para pemain diwajibkan untuk bermain dengan intensitas tinggi secara konstan. Kalau perlu, hanya melakukan satu sentuhan saja pada bola, untuk beralih ke pemain lain. Metode yang ‘khas’ Barcelona.

Selama dipegang oleh Jose Mourinho, Real Madrid terbiasa bermain dengan berbagai gaya. Semisal, ketika menghadapi tim dengan lini tengah kuat seperti Barcelona, Mou tidak segan-segan tampil defensif, kalau perlu dengan tiga pivot untuk menyetop dan mematahkan alur serangan klub Catalan.

Madrid juga terkenal dengan serangan balik cepat yang seolah hanya membutuhkan tiga sampai lima detik untuk mencetak gol. Bahkan Lionel Messi beberapa kali memuji serangan balik model ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda