Scroll to Top

Baju Renang dan Selancar Ini Diklaim Anti Hiu

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 20 Jul 2013

Baju Anti Hiu

Salah satu musuh utama perenang, penyelam, dan peselancar di pantai serta laut adalah serangan binatang buas hiu. Sebuah perusahaan penelitian Australia berhasil membuat baju renang dan selancar yang diklaim anti serangan hiu. Mereka menyebutnya Shark Attack Mitigation Systems (SAMS).

Dikutip dari laman Telegraph, para peneliti bekerja sama dengan Institut Kelautan University of Western Australia (UWA). Lewat penelitian selama dua tahun, Hamish Jolly dan Craig Anderson berhasil mewujudkan baju ‘sakti’ ini.

Lantas apa yang beda dengan baju renang tersebut? Menurut Anderson, model baju renang yang didominasi garis dan berwarna biru, hitam, serta putih ini mampu membuat pemakainya terhindar dari serangan hiu.

Ini didasari dari penelitian soal persepsi binatang tersebut yang memang lemah terhadap warna serta cahaya. Dengan baju tersebut pemakainya seakan ‘bersembunyi’ dalam gelombang air laut.

Sedangkankan warna hitam dan putih sendiri menurut penelitian adalah warna yang dianggap sebagai warna bahaya bagi hiu. Rencananya baju tersebut akan diproduksi massal dengan banderol harga sekitar AUD 429 atau sekitar RP 4 juta.

Namun demikian model baju SAMS tidak 100% membuat pemakaian aman dari serangan menakutkan lau itu. Yang jelas, baju tersebut setidaknya menghindarkan mereka dari mara bahaya yang menakutkan penyelam dan peselancar dewasa ini.

Dan lewat penelitian yang ada, hasilnya memang terbukti. Hiu Harimau misalnya, lebih tertarik mendekati penyelam yang gunakan baju renang konvensional. Sedangkan baju dengan model SAMS hanya dilewati begitu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda