Scroll to Top

Baterai, Earphone & Motor Vibrasi BlackBerry Ternyata Buatan Indonesia

By Ditya / Published on Sunday, 21 Jul 2013

BlackBerry R10 Hitam

Beberapa komponen yang digunakan oleh smartphone BlackBerry kabarnya telah dibuat di pabrik yang berada di Indonesia. Komponen-komponen tersebut adalah baterai, earphone, dan motor vibrasi yang berfungsi menghasilkan getar pada smartphone BlackBerry. Tentu hal ini cukup membanggakan bagi Industri di Tanah Air.

Komponen baterai dan motor vibrasi penghasil getaran untuk BlackBerry ini dibuat di pabrik yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau. Sedangkan komponen berupa earphone dibuat di pabrik yang berlokasi di Cileungsi, Bogor, provinsi Jawa Barat. Sayangnya, pihak BlackBerry Indonesia enggan menyebut nama pabrik yang memproduksi komponen tersebut.

Ketiga komponen yang terdiri dari baterai, motor vibrasi, dan earphone ini tak hanya digunakan untuk smartphone BlackBerry yang beredar di Indonesia, tetapi juga diekspor ke pabrik perakitan smartphone BlackBerry yang berlokasi di Meksiko dan Taiwan.

Selain masalah komponen atau perangkat keras, BlackBerry ternyata juga telah membangun kantor untuk tim BlackBerry World yang berlokasi di Denpasar, Bali. Tim ini juga mempekerjakan tenaga kerja Indonesia untuk melakukan verivikasi aplikasi yang akan ditampilkan di toko aplikasi BlackBerry World. Konon, seluruh aplikasi BlackBerry dari seluruh dunia harus melewati verivikasi tim ini sebelum tampil di toko aplikasi BlackBerry World.

“Pelan-pelan kita mulai sourcing dari Indonesia. Tapi, Kita belum dapat persetujuan untuk mengungkap nama pabrik itu,” kata Maspiyono Handoyo,  Managing Director BlackBerry Indonesia, seperti yang dilansir dari Kompas (20/07/2013).

Hal yang dilakukan oleh perusahaan kanada untuk komponen BlackBerry ini diharapkan dapat ditiru oleh produsen lain untuk meningkatkan sektor industri elektronik di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda