Scroll to Top

3 Alasan Kulit Mendadak Gelap

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 21 Jul 2013

kulit gelap

Tiba-tiba kulit mendadak gelap mungkin membuat Anda khawatir. Memang karena sebab tertentu, kulit bisa berubah terangnya. Kadang tiba-tiba ada bagian kulit yang berubah menjadi kehitaman. Dikutip Livestrong, setidaknya ada tiga alasan bagi kulit yang mendadak gelap warnanya:

  1. Kelebihan kafein. Konsumsi kafei yang berlebihan bisa membuat perubahan pada kulit. Misalnya terjadi lingkaran hitam di bawah mata sebagai efek dari dehidrasi karena kafein. Namun, dalam jumlah ringan, antioksidan yang ada dalam kafein bisa mencegah kanker kulit. Pembuluh darah bisa mengalirkan kelebihan darah di sekitar kantung mata.kefein bisa ditemui pada kopi, teh, coklat, dan beberapa kacang-kacangan. Konsumsi normal kafein adalah 100-200 miligram per hari atau setara satu samai dua cangkir kopi.
  2. Hiperpigmentasi. Orang yang mengalami masalah ini memiliki kadar melanin berlebihan pada kulit. Melamin adalah pigmen yang memberikan warna pada kulit. Penyebabnya adalah peradangan kulit, asupan zat besi berlebihan, hingga reaksi dari obat-obatan. Untuk mengatasi hal ini, konsultasikan pada dokter ahli. Biasanya hiperpigmentasi tidak berbahaya.
  3. Chloasma. Ini disebut juga melasma. Chloasma kerap dialami oleh ibu hamil. Tandanya adalah mendadak kulit wajah menjadi lebih gelap. Chloasma ini tidak berbahaya dan segera kembali normal setelah ibu hamil melahirkan bayinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda