Scroll to Top

Kebiasaan yang Merusak Kesehatan Mata

By C Novita / Published on Sunday, 21 Jul 2013

kesehatan mata

Gaya hidup, pekerjaan, kebiasaan makan, lingkungan yang tercemar dan sikap terhadap diri sendiri mempengaruhi semua aspek kesehatan tubuh manusia, termasuk kesehatan mata. Ada beberapa kebiasaan yang secara langsung maupun tidak langsung membuat penglihatan Anda bermasalah.

Apa saja kebiasaan buruk pengganggu kesehatan mata tersebut? ini di antaranya:

  • Merokok

Salah satu akibat buruk dari merokok adalah, rusaknya penglihatan. Ada banyak zat kimia dalam rokok yang merugikan bagian sensitif dari retina yang biasanya disebut makula. Zat tersebut dapat menyebabkan sel-sel dalam makula mati.

  • Ketegangan

Tanpa disadari, terkadang kita memberi terlalu banyak beban pada mata. Membaca, bekerja depan komputer, menonton TV, bermain ponsel, dan banyak lagi kegiatan yang memaksa mata bekerja terlalu lama. Ini membuat otot mata tegang dan bila berlangsung lama bisa merusak mata. Usahakan batasi penggunaan gadget hanya 5-6 jam saja per hari.

  • Sinar UV

Sinar UV dapat membahayakan mata, sehingga dianjurkan untuk memakai kacamata hitam bila cuaca sedang terik. Bila tidak maka UV bisa membakar kornea dan lensa mata serta merusak retina. Resiko lain adalah timbulnya katarak.

  • Darah tinggi

Penyakit yang satu ini bisa membahayakan mata. Ia dapat merusak pembuluh darah di retina, daerah belakang mata tempat dimana bayangan benda terfokus. Nama penyakitnya dikenal sebagai retinopati hipertensi.

  • Alkohol

Asupan berlebih minuman ini dapat menyebabkan penurunan kinerja visual, penurunan respon, migrain, mata merah, dll.

  • Makanan tak bergizi

Mata membutuhkan vitamin A dan B12 untuk tetap sehat dan bekerja optimal. Bila Anda tak mengonsumsi makanan bergizi dengan zat-zat yang dibutuhkan oleh organ tersebut, otomatis kesehatannya akan menurun.

Jika Anda ingin memiliki penglihatan yang selalu sehat, hindari kebiasaan buruk di atas, ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda