Scroll to Top

Twitter Lebih Meningkatkan Minat Berbelanja Dibandingkan Facebook

By Melissa / Published on Monday, 19 Sep 2011

Berdasarkan hasil studi baru-baru ini, sepertinya Twitter lebih memengaruhi jumlah penjualan dibandingkan Facebook. 35% responden mengatakan bahwa Twitter sangat memengaruhi keputusan mereka dalam membeli barang, sementara hanya 23.5% responden yang mengatakan Facebook yang memengaruhi keputusan mereka.

Studi ini dilakukan oleh Kantar Media Compete dan merupakan bagian dari Online Shopper Intelligence Study. Mereka melakukan survei terhadap 2574 pelanggan online pada tanggal 14 Juli hingga 8 Agustus 2011.

Hal ini merupakan berita yang bagus untuk Twitter, karena layanan ini sedang memperluas fitur Promoted Tweets mereka.

Mungkin salah satu hal yang memengaruhi hasil studi ini adalah kebiasaan para responden yang lebih suka menunggu sampai barang incaran mereka diobral. Setelah diobral besar-besaran, barulah mereka akan membeli.

Promoted Tweets sendiri sangat mengakomodasi keinginan para pengguna Twitter, karena Promoted Tweets digunakan para penjual untuk mengumumkan bahwa mereka sedang melakukan obral besar-besaran atau ketika mereka meluncurkan produk baru.

Latar belakang Twitter sampai bisa mengalahkan Facebook dalam hal berbelanja sebenarnya sangat menarik untuk ditelusuri, karena Facebook sendiri memiliki panel khusus iklan dan Page untuk berbagai produk penjualan.

Salah satu kemungkinan adalah Twitter memiliki target konsumen yang lebih jelas dan terarah, sedangkan Facebook hanya memiliki panel iklan untuk semua tipe pengguna. Meski iklan Facebook ini ditargetkan berdasarkan demografi pengguna, keberadaan iklan yang terus menerus ada lama kelamaan akan membuat para pengguna secara tidak sadar mulai tidak memperhatikan iklan-iklan tersebut.

Sementara Promoted Tweets milik Twitter hanya muncul sekali-sekali saja, dan iklan yang muncul akan disesuaikan berdasarkan jenis akun-akun yang di-follow oleh para penggunanya.

Apakah Anda sering berbelanja melalui Twitter dan Facebook? Layanan jejaring sosial mana yang lebih memengaruhi Anda dalam berbelanja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda