Scroll to Top

Mercusuar di Pulau Terkecil Sedunia

By Ilham Choirul / Published on Monday, 22 Jul 2013

bishop-rock

Tahukah Anda pulau terkecil di dunia yang tercatat dalam Guinness Book of Records? Dialah pulau Bishop Rock. Pulau ini dapat ditemukan di Cornwall (barat daya Inggris) atau sekitar 4 kilometer dari Kepulauan Scilly.Panjangnya saja hanya 45 meter dengan lebar 16 meter. Sementara kedalaman pulau ini sekitar 45 meter.

Pulau ini makin terasa sempit. Pasalnya, di situ juga didirikan mercusuar sebagai panduan untuk kapal yang lewat. Memang di daerah sekitar Bishop Rock cukup rawan kecelakaan kendaraan laut. Banyak kapal karam lantaran menabrak bebatuan yang ada di sekitar Kepulauan Scilly sejak dulu. Akhirnya dibuatlah mercusuar untuk menandai adanya karang di sebelah barat Kepulauan Scilly. Usia bangunan ini sudah ratusan tahun.

Setiap hari mercusuar di Bishop Rock harus melawan terjangan ombak. Tekanan anginnya pun seringkali tidak bisa diduga. Namun mercusuar tetap berdiri tegak dan memberikan keselamatan perjalanan di area laut sekitarnya sejak 1859. Cahaya lampu dari mercusuar ini mampu menembus jarak pandang sampai jarak 24 mil.

bishop-rock

Awalnya penerangan di bangunan ini memakai lilin, lalu diganti dengan lampu uap parafin. Bangunannya dibuat dari 5.700 ton granit tanpa besi. Pada 1976, fasilitas dilengkapi dengan generator, baterai, dan helipad. Semua pekerjaan operasional mercuasuar awalnya secara manual. Namun, pada 1991 semua ditransisi menjadi otomatis. Penjaga mercusuar akhirnya meningggalkan bangunan pada Desember 1992, karena semuanya sudah berjalan secara otomatis.

Mengunjungi Bishop Rock bisa memakai helikopter atau dengan perahu. Mercuar di dalamnya dapat menampung pengunjung hingga empat orang. Ketinggian mercusuar mencapai 10 lantai. Ruang kontrolnya ada di lantai tiga. Sementara kontrol jarak jauhnya dilakukan melalui markas yang ada di Harwich, Essex.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda