Scroll to Top

Modifikasi Sepatu Anda Jika Punya Telapak Kaki Datar

By Ilham Choirul / Published on Monday, 19 Sep 2011

Anda pemilik kaki yang bentuknya datar? Jika iya, maka Anda termasuk orang yang gampang capek saat berjalan. Karena, pergelangan kaki menanggung semua beban tubuh.

Dari struktur tulang, sebenarnya semua orang memiliki lekukan. Hanya saja, pada pemilik telapak kaki datar, ujung otot yang melekat di tulang (ligamen) kendur. Otot ini mempunyai tugas untuk tetap mempertahankan bentuk lengkung. Jika otot kendur, maka lengkungan tidak terbentuk. Telapak kaki datar ini bukan akibat keturunan. Setiap orang bisa saja mengalaminya.

Untuk mengurangi efek lelah ini akibat telapak kaki datar (pes planus) ini, Anda bisa melakukan sedikit modifikasi pada sepatu. Menurut dr. Hj.Nina Kemala Sari, SpPd K-G, FINASIM, pakar Geriatri dari FKUI, sepatu bisa ditambahkan sol empuk yang ditempatkan di dalamnya. “Sehingga, membuat telapak kaki posisinya tidak datar lagi,” katanya.

Diagnosa untuk mengetahui tapak kaki datar bisa dengan melihat bekas jejak kaki di lantai atau tanah. Jika kaki terlihat menapak semua lantai, maka termasuk pemilik telapak kaki datar.

“Jika perlu, mungkin dengan pemeriksaan sinar X untuk mengetahui dan membantu menentukan penyebabnya,” kata dr Briliantono, SpOT FICS, MP. PhD, MBA, dokter spesialis ortopedi, seperti dikutip Tempo Interaktif.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda