Scroll to Top

Samsung Perkenalkan Exynos 5 Octa Evolved Terbaru Minggu Ini

By Ditya / Published on Monday, 22 Jul 2013
Samsung Exynos 5 Octa Evolved
Samsung Exynos 5 Octa Evolved

Samsung dikabarkan akan memperkenalkan chipset Exynos 5 Octa generasi baru yang dijuluki Exynos 5 Octa Evolved minggu ini. Beberapa spekulasi yang beredar mengatakan bahwa chipset Samsung Exynos 5 Octa Evolved ini nantinya akan menjadi dapur pacu utama untuk beberapa varian Samsung Galaxy Note 3.

Sebuah tweet resmi dari Samsung menyebutkan bahwa chipset Exynos 5 Octa Evolved nantinya akan digunakan pada smartphone Galaxy S4 varian internasional dan kemungkinan besar akan diadopsi oleh Samsung Galaxy Note 3 yang selama ini dikabarkan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 800.

Seperti yang kita ketahui, Exynos 5 Octa adalah chipset besutan Samsung yang mengadopsi arsitektur yang disebut dengan ARM big.LITTLE yang menggabungkan dua arsitektur prosesor yang berbeda untuk menangani tugas yang berat dan ringan secara sendiri-sendiri untuk menghemat daya.

Arsitektur ARM big.LITTLE yang terdapat pada Exynos 5 Octa ini terdiri dari prosesor quad-core ARM Cortex-A15 dengan kecepatan 1,9GHz untuk menangani tugas yang berat dan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,6Ghz untuk menangani tugas yang ringan.

Meski mengusung 8 core prosesor, Exynos 5 Octa ini hanya dapat mengaktifkan 4 core di antaranya, yakni ARM Cortex-A15 quad-core atau ARM Cortex-A7 quad-core sesuai dengan tugas atau komputasi yang diperlukan. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan efisiensi konsumsi daya dan meningkatkan daya tahan baterai.

Baru-baru ini Samsung memang mengatakan bahwa pihaknya akan merilis Exynos 5 Octa versi baru dengan nama Exynos 5 Octa Evolved. Chipset Exynos 5 Octa Evolved ini kemungkinan masih mengusung spesifikasi prosesor yang sama dengan generasi sebelumnya, hanya saja kecepatan telah ditingkatkan.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (21/07/2013), sampai saat ini memang belum ada bocoran mengenai spesifikasi Exynos 5 Octa Evolved. Penasaran? Mari kita tunggu rilisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda