Scroll to Top

Pakai Mesin Ini, Keringat Bisa Diminum

By Ilham Choirul / Published on Monday, 22 Jul 2013

alat suling keringat

Apa rasanya meminum keringat sendiri? Pasti di benak Anda muncul reaksi menjijikan. Namun di tangan Andreas Hammar, keringat mampu diubah menjadi air bening yang layak minum. Teknisi dari Swedia ini berhasil membuat mesin untuk mengubah keringat menjadi air tawar. Demikian informasi yang dilansir BBC.

Air yang dihasilkan mesin ini benar-benar tawar. Cara kerja mesin, menurut Andreas, menggunakan teknik penyulingan membran. Salah satu komponennya memakai mekanik penjernih air yang dibuat perusahaan HVR bersama Intitute Teknologi Royal di Swedia. Bahkan, air yang keluar sebagai output diklam lebih bersih dari air yang mengalir lewat kran.

“Kami menggunakan bahan yang sedikit seperti Gortex (bahan anti air) yang hanya bisa dilintasi uap tetapi menahan bakteria, garam, serat kain dan bahan lainnya,” kata Andreas.

“Mesin ini mirip yang digunakan astronot untuk menyuling urine, tetapi mesin kami dibuat dengan biaya yang lebih murah,” tambahnya.

Saat ini sudah lebih dari 1.000 orang yang mencoba air hasil sulingan dari keringat tersebut. Andreas mengatakan, satu kaos yang penuh basah denga keringat bisa menghasilkan air tawar sekitar 10 mliliter. Ini setara dengan satu kali tegukan. Namun, mesin ini tidak akan dibuat massal. Penggunaannya memerlukan keringat dalam jumlah besar.

Tujuan pembuatan mesin suling keringat tersebut adalah turut mengkampanyekan fakta bahwa ada 780 juta orang yang susah mendapatkan air bersih. Ini diciptakan untuk badan anak-anak PBB, Unicef, dan diinstalasi bersamaan dengan diselenggarakannya Piala Gothia di Gothenburg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda