Scroll to Top

Pria Lebih Mudah Bunuh Diri Dibanding Wanita

By Ilham Choirul / Published on Monday, 22 Jul 2013

depresi

Dibandingkan wanita, ternyata pria mudah mengalami depresi yang berujung dengan aksi bunuh diri. Selain itu, kecenderungan pria melakukan bunuh diri lebih parah begitu masalah yang menderanya tidak kunjung mendapat solusi.

Dikutip Genius Beauty, dari studi yang dilakukan bersama antara peneliti Swedia dan Amerika menemukan, tingkat bunuh diri di kalangan para pria tiga kali lebih tingi dari wanita. Dilihat dari pelakunya, pria yang bunuh diri diketahui kebanyakan masih lajang dengan tingkat pendidikan yang cukup rendah. Sementara dari pelaku wanita, mereka yang bunuh diri disebabkan oleh gangguan mental.

Peneliti juga menemukan bahwa pelaku bunuh diri kerap diketahui tidak memiliki jati diri yang kuat. Pemicu lainnya adalah mereka tidak segera menemukan pasangan hidup yang selama ini menjadi impiannya untuk berbagai. Sementara terkhusus bagi wanita, kondisi mereka yang menganggur diduga kuat menjadi pemicu perasaan depresi dan mendorong untuk menghabisi nyawa sendiri.

Sebenarnya pelaku bunuh diri ini bukannya tidak mendapatkan konseling psikologis untuk menemukan solusi dari permasalahan hidupnya. Dan menurut statistik yang dimiliki peneliti, sebanyak hingga 30 persen dari pria dan wanita yang bunuh diri, telah mendapatkan terapi dari psikoterapis pada dua minggu sebelum kejadian. Terapi psikis ternyata belum mempan mencegah.

Dengan temuan ini, peneliti menyimpulkan bahawa masih ada ketidaksempurnaan dalam sistem psikologi modern untuk menangani orang yang depresi. Diperlukan strategi baru untuk menurunkan ketegangan korban agar risiko bunuh diri bisa ditekan. Namun, bagi orang-orang yang depresi tetap disarankan untuk melakukan konseling agar mengurangi beban yang dirasakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda