Scroll to Top

SIM Card Ditemukan Celah, Peretas Bisa Intip Isi Ponsel

By Ibnu Azis / Published on Monday, 22 Jul 2013

SIM Card

SIM Card atau kartu SIM baru-baru ini ditemukan celah keamanannya oleh seorang peneliti asal Jerman. Karsten Nohl, peneliti dari Security Research Labs di Berlin ini berujar jika celah yang ada pada enkripsi kartu SIM bisa dimanfaatkan peretas.

Lantas apa bahaya dari celah ini? Menurut Karsten Nohl, peretas bisa intip dalaman isi ponsel. Dalam klaimnya, ia berhasil mengambil alih seluruh kendali ponsel dengan PC kurang dari dua menit. Celah itu, jelasnya, memungkinkan instalasi software jarak jauh.

DIkutip dari CNET News, intip isi ponsel dalam maksud Karsten Nohl adalah soal data yang terkandung di dalam ponsel tersebut. Misalkan saja membaca SMS, mencuri data kartu SIM, memata-matai pemilik ponsel, hingga membebani tagihan ponsel.

Celah ini ditemukan pada Digital Encryption Standard (metode kiptografi) IBM yang dikembangkan tahun 1970. Sedangkan metode itu digunakan hampir di tiga miliar ponsel di muka bumi. Dari serangkaian uji coba yang dilakukan, ada sekitar 1.000 kartu SIM di Amerika Utara dan Eropa yang tunjukkan tanda-tanda celah itu.

Karsten Nohl sendiri berencana akan membawa temuannya pada konferensi keamanan Black Hat di las Vegas, Amerika Serikat. Ia juga berbagi informasi dengan GSM Association akan hasil penelitiannya. Sejatinya bukan kali ini saja dirinya membuat gempar jagat kartu chip.

Pada tahun 2008 lalu, Karsten Nohl memublikasikan kelemahan pada kartu chip pintar nirkabel pada sistem transportasi dunia. Setahun berselang ia mampu meretas algoritma pada ponsel GSM yang didesain peretas untuk menguping percakapan di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda