Scroll to Top

ECON Mode, Teknologi Penghemat BBM dari Honda

By Ilham Choirul / Published on Monday, 22 Jul 2013

econ button

Honda dikenal lama sebagai produsen otomotif yang sukses memproduksi mobil maupun motor yang hemat bahan bakar. Baru-baru ini, Honda memperkenalkan fitur yang berfungsi sebagai penghemat BBM yang diberi nama ECON Mode. Menurut keterangan yang dirilis Honda, tombol ECON yang ada di beberapa tipe mobil Honda mampu membuat kendaraan berjalan lebih efisien, smart dan ramah lingkungan.

Banyak produk dari Honda yang kini memiliki mesin sesuai standar Euro 4. Emisi gas buangnya diklaim lebih baik dalam menjaga lingkungan. Dan, ECON Mode merupakan sebuah inovasi dari Honda yang bisa mengubah sistem berkendara ke mode yang esifisin secara otomatis.

Sebuah sistem pintar yang dibangun pada ECON Mode adalah sistem Drive by Wire. Begitu pengemudi menakan tombol ECON, maka efisiensi terjadi di beberapa tempat. Termasuk di dalamnya adalah efisien dalam perpindahan transmisi dan operasional pendingin udara untuk penghematan bahan bakar. Diklaim, begitu diaktifkan, fitur ini mampu menghemat bahan bakar sebanya 20 persen. Tentu saja hal tersebut sesuai dengan  kondisi jalan dan cara pengemudi berkendara.

Sementara itu, untuk mengecek sejauhmana pengemudi berkendara secara efisien, telah dibenamkan pula fitur ECO Assist. Fitur ini membantu pengemudi untuk mendapatkan cara berkendara yang lebih baik.

“Fitur ECO Assist akan memunculkan indikator berwarna hijau secara otomatis apabila pengendara sudah berkendara dengan efisien, tapi sebaliknya akan berwarna merah jika cara berkendara tidak efisien,” kata Daya Hansten, Chief Marketing & Promotion Honda Jakarta Center, seperti dikutip Antara.

Beberapa produk Honda yang telah mendapat sentuhan ECON Mode adalah CRV, SRZ, Odyssey, Civic, dan Accord. Dan, teknologi ini adalah salah satu komitmen Honda dalam menjaga lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda