Scroll to Top

Chrome Remote Desktop Android Segera Meluncur

By Ibnu Azis / Published on Monday, 22 Jul 2013

Remote Desktop Android

Google sebagaimana ditulis The Next Web dikabarkan sedang membangun Chrome Remote Desktop untuk Android yang bernama Chromoting. Dengan aplikasi ini pengguna bisa me-remote desktop langsung dari aplikasi Android yang telah diinstal.

Google sebelumnya memang telah miliki aplikasi Chrome Remote Desktop yang tertanam di ekstensi Google Chrome. Dengan ekstensi itu pengguna bisa berbagi desktop dengan pengguna lain di dekstop yang berbeda.

Ekstensi ini memungkinkan pengguna mengakses data dari desktop yang ‘dikendalikan’ dari jarak jauh. Fungsi remote itu sendiri tak hanya ‘mengendalikan’ namun bisa pula mengakses data yang diperlukan.

Chrome Remote Desktop di Google Chrome pertama kali meluncur dalam versi beta pada Oktober 2011. Umumnya ekstensi ini dimanfaatkan guna keperluan teknologi informasi. Setelah setahun berselang, Chrome Remote Desktop di Google Chrome akhirnya rilis versi final.

Google sendiri enggan berkomentar lebih lanjut soal aplikasi Chrome Remote Desktop di Android. Mungkin saja kemampuan aplikasi tersebut masih minim. Sedangkan penampakan aplikasi Chromoting sebagai berikut.

Chromoting
Chromoting

Jika mengandaikan aplikasi Chromoting Android miliki kesamaan fungsi dengan Chrome Remote Desktop maka mungkin akan miliki keterbatasan karena terkait platform mobile. Sedangkan kemampuan aplikasi tersebut untuk saat ini yakni:

  • Otentikasi gunakan akun Google di smartphone.
  • Menampilkan daftar host dari server direktori Chromoting.
  • Terhubung serta berkomunikasi dengan layanan host melalui XMPP/ICE.
  • Membangun saluran peer-to-peer untuk terhubung dengan layanan host.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda