Scroll to Top

Jenis Makanan Terbaik untuk Sahur

By C Novita / Published on Monday, 22 Jul 2013

makan sahur

Makan sahur penting bagi kekuatan dan kebugaran tubuh seseorang sebelum melaksanakan puasa. Pemilihan jenis makanan yang benar, akan membantu tubuh untuk kuat beribadah dan beraktifitas di bulan Ramadhan ini.

Berikut adalah jenis makanan terbaik untuk dikonsumsi saat makan sahur:

  • Karbohidrat kompleks

Jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks direkomendasikan untuk hidangan sahur. Karbohidrat kompleks tidak mudah dicerna dan butuh waktu lama untuk mengubahnya menjadi energi. Ini menjadi keuntungan, sebab perut Anda akan merasa kenyang lebih lama. Contoh karbohidrat kompleks adalah gandum utuh, biji-bijian, olahan kedelai, sayuran, buah-buahan, dan susu.

  • Cairan

Cairan adalah hal yang penting bagi tubuh makhluk hidup, sehingga kekurangan zat ini bisa menimbulkan masalah. Minumlah yang cukup, atau konsumsi makanan yang mengandung banyak cairan, agar saat berpuasa tubuh Anda punya cadangan air yang melimpah. Namun usahakan jangan konsumsi kopi dan soda di saat sahur, sebab akan membuat Anda sering BAK dan malah kekurangan cairan tubuh.

  • Kurma

Sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad untuk mengonsumsi kurma bukan tanpa sebab. Dilansir oleh OrganicFact.net, kurma yang memiliki kandungan serat tinggi sangat baik bagi kesehatan pencernaan dan lambung. Kurma juga bisa membuat Anda terhindar dari sembelit, dan mampu memberi Anda energi cukup untuk puasa. Jumlah yang dianjurkan adalah 3 butir saat sahur, dan buktikan bahwa tubuh Anda terasa lebih bugar.

Yang paling utama dilakukan saat mengonsumsi hidangan sahur adalah niat dan do’a. Ini adalah energi luar biasa yang mampu membuat Anda tetap bertenaga dan kuat melaksanakan puasa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda